22 Juli 2024

56 Tahun BPJS Kesehatan : Hadir Melayani Lebih Dekat, Untuk Indonesia Semakin Sehat

0

Merauke, PSP – Satu dekade pengelolaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan telah menempuh berbagai upaya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia. Salah satu upaya yang saat ini digencarkan adalah layanan BPJS Keliling yang sebelumnya dikenal dengan layanan Mobile Cutomer Service (MCS).
BPJS Keliling merupakan layanan yang digaungkan oleh BPJS Kesehatan dengan tujuan memudahkan masyarakat yang membutuhkan layanan administrasi tapi tempat tinggalnya berada jauh dari kantor BPJS Kesehatan. Layanan BPJS Keliling kali ini dilaksanakan di Kampung Kurik, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Rabu (17/07).
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Hernawan Priyastomo menjelaskan BPJS Keliling adalah salah satu kanal pelayanan tatap muka dengan peserta, yang mana menggunakan kendaraan roda empat yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk pelayanan kepada peserta.
“BPJS Keliling ini memberikan kemudahan kepada masyarakat khususnya yang berada di kampung dan mengalami kesulitan dalam mengakses layanan administrasi kapan saja dan di mana saja tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Layanan ini menawarkan berbagai jenis pelayanan mulai dari pendaftaran, perubahan data, perubahan kelas, perubahan fasilitas kesehatan, konsultasi dan informasi serta melakukan registrasi Mobile JKN,” terang Hernawan.
Hasanah (31) salah seorang warga setempat, menyampaikan bahwa ia sangat terbantu dengan adanya kegiatan BPJS Keliling ini. Menurutnya, warga tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke kantor BPJS Kesehatan yang ada di kota untuk mengurus administrasi kepesertaan JKN miliknya. Dirinya mendapatkan pelayanan yang sangat baik di Puskesmas, tidak ada perbedaan antara pasien dari peserta JKN dengan pasien umum lainnya.
“Di Puskesmas Kurik itu kita tidak tahu mana peserta dari BPJS Kesehatan dan mana yang pasien umum, karena semuanya diperlakukan dengan sama, tidak ada perbedaan. Keluarga juga sangat bersyukur karena dengan adanya program tersebut, kita tidak merasa khawatir lagi saat sakit dan diharuskan mengakses pelayanan kesehatan di FKTP maupun FKRTL,” ungkap Hasanah.
Ia mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi BPJS Kesehatan karena selama ini sangat membantu dalam memberikan perlindungan jaminan kesehatan seperti yang dirinya dan keluarganya rasakan sampai saat ini.
“Semoga kedepannya program ini dapat lebih baik lagi, dan agar BPJS Kesehatan secara terus menerus melakukan sosialisasi Program JKN sampai di daerah pelosok Indonesia sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang dapat terbantu dengan adanya program ini, karena BPJS Kesehatan perlu memastikan seluruh peserta mengetahui informasi tentang prosedur pelayanan Program JKN serta memperoleh kemudahan dalam mengakses layanan tersebut. Salah satunya yang bermanfaat dengan kehadiran layanan BPJS Keliling ini,” ujar Hasanah.
Dalam rangka meningkatkan kemudahan administrasi dan pelayanan pada masyarakat, pelayanan BPJS Keliling juga menawarkan Aplikasi Mobile JKN kepada para peserta yang hadir guna mempermudah pelayanan kepada peserta yang dapat diakses melalui handphone saja. Seperti perubahan lokasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), perubahan kelas, cek aktif peserta, maupun cek tunggakan iuran JKN.
BPJS Keliling bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi terkait program JKN juga memberikan layanan administrasi seperti pendaftaran peserta, perubahan data, penambahan anggota keluarga, peralihan kepesertaan, pemberian informasi dan pengaduan serta edukasi pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN. Dengan BPJS Keliling, dapat membantu masyarakat di daerah pedesaan untuk lebih mudah mengakses informasi terkait Program JKN, dapat memperoleh penanganan pengaduan, dan bisa hemat waktu tanpa harus jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *