27 Juli 2024

Aplikasi Mobile JKN Semakin Memudahkan Peserta JKN

0

Merauke, PSP – BPJS Kesehatan Cabang Merauke terus melakukan sosialisasi terhadap penggunaan Aplikasi Mobile JKN guna meningkatkan pemahaman peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mengenai manfaat dari aplikasi tersebut.

Kepala Bagian Mutu Layanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Mulianto menyampaikan bahwa Aplikasi Mobile JKN dapat membuka akses bagi peserta yang ingin mendapatkan pelayanan lebih mudah tanpa harus mengunjungi kantor BPJS Kesehatan tapi cukup dari genggaman.

“Aplikasi Mobile JKN akan memudahkan peserta untuk mengakses beberapa keperluan dalam pengurusan administrasi Program JKN, sehingga peserta yang sibuk dan tidak sempat datang ke Kantor BPJS Kesehatan bisa hanya melalui ponselnya saja,” ucap Mulianto. Selasa (15/11).

Mulianto menjelaskan, untuk mengakses layanan melalui Aplikasi Mobile JKN, peserta dapat mengunduhnya di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Menurutnya, aplikasi tersebut sudah bisa mengakomodir kebutuhan peserta JKN untuk mengakses pelayanan administrasi kepesertaan JKN.

“Aplikasi tersebut sudah mewakili banyak sekali pengurusan administrasi bagi peserta JKN diantaranya pengurusan perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), ubah data peserta, pendaftaran pelayanan, fitur premi, konsultasi dokter, skrining riwayat kesehatan dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya yang bisa dilakukan secara mandiri, cepat dan realtime,” lanjutnya.

Mulianto juga menambahkan, BPJS Kesehatan selalu menyisipkan informasi seputar Aplikasi Mobile JKN pada setiap kegiatan yang dilakukan. Tidak hanya melalui sosialisasi langsung, BPJS Kesehatan juga mengajak Duta BPJS Kesehatan di lingkungan BPJS Kesehatan Cabang Merauke untuk turut menyebarluaskan dan mengajak keluarga dan sanak saudara memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN.

Kali ini BPJS Kesehatan Cabang Merauke menyambangi Kantor Bank Mandiri Merauke guna memperkenalkan fitur Aplikasi Mobile JKN yang semakin memudahkan peserta JKN untuk mengakses beberapa keperluan baik itu administrasi Peserta JKN, Iuran maupun manfaat program JKN.

“Kegiatan kali ini dilaksanakan di Kantor Bank Mandiri Cabang Merauke, pegawai yang bekerja disini juga merupakan peserta JKN dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang tentunya perlua mendapatkan informasi terkini terkait dengan program JKN dan tentunya mengunduh dan menginstal aplikasi Mobile JKN di smartphone masing -masin: ujarnya.

Selain memberikan informasi seputar Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Cabang Merauke juga turut mengajak seluruh peserta kegiatan untuk melakukan skrining riwayat kesehatan. Skrining riwayat kesehatan merupakan salah satu cara yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk memfasilitasi peserta JKN mengetahui potensi risiko terhadap 4 penyakit kronis yaitu diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronik dan jantung koroner. Sehingga untuk mengelola risiko penyakit tersebut diharapkan agar peserta untuk melakukan skrining Kesehatan 1 kali setahun.

“Bagi peserta yang sudah mengunduh Aplikasi Mobile JKN akan muncul notifikasi pengisian skrining atau peserta dapat proaktif langsung menuju fitur Skrining Riwayat Kesehatan. Bagi yang tidak dapat menggunakan kanal digital, peserta dapat melakukan skrining di FKTP sebelum mengakses pelalayanan kesehatan,” tambah Mulianto.

Salah satu peserta JKN yang juga sudah pernah menggunakan aplikasi Mobile JKN, Muhammad Ali yang juga merupakan kordinator kegaitan, ikut mengungkapkan perasaannya yang sangat terbantu dengan adanya Aplikasi Mobile JKN.

“Di era digital seperti sekarang ini, sudah banyak masyarakat yang beralih menggunakan aplikasi yang tersedia lewat ponsel untuk mengakses layanan publik. Termasuk dengan adanya Mobile JKN, tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Kantor BPJS Kesehatan, cukup lakukan pengurusan lewat Mobile JKN karena fiturnya lengkap dan nyaman digunakan,” pungkasnya. (TR/ar).[JON]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *