26 Juli 2024

Safanpo : Kita lanjutkan semua perjuangan yang sudah dimulai para pendahulu kita

0

upacara HUT Provinsi Papua Selatan I

Merauke, PSP – Rangkain memperingati 1 tahun pemerintahan Provinsi Papua Selatan yang pertama sudah usai digelar.

Puncaknya, dilakukan di lahan pusat pemerintahan Provinsi Papua Selatan di KTM Salor melalui upacara yang ditandai dengan menyentuh bendera berlogo Papua Seatan oleh Pj. Gubernur Provinsi Papua Selatan Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo,ST.,MT, Senin (13/11).

Bendera berlogo Papua Selatan itu di bawa oleh 6 orang panji Papua Selatan ke hadapan Pj. Gubernur Safanpo sebagai inspektur upacara.

Masing – masing panji – panji pembawa bendera Papua Selatan berasal dari SMA Jhon 23 Merauke, SMA Negri 2 Merauke dan SMK Negri 1 Merauke.

Memperingati hari jadi Provinsi Papua Selatan yang dilakukan ditanggal 11 November 2023 lalu, implementasi dari penetapan oleh Presiden Jokowi terhadap undang – undang 14 Tahun 2022 untuk Provinsi Papua Selatan.

Pj. Gubernur Safanpo mengakui, Provinsi Papua Selatan buah kerja keras para sesepuh di pemerintahan, tokoh adat, tokoh masyarakat dari kabupaten Merauke, Asmat, Mappi dan Boven Digoel.

“Provinsi Papua Selatan ini hasil perjuangan para pendahulu, yang dimulai oleh bapak Drs. Johanes Gluba Gebze yang kemudian dilanjutkan para bupati selanjutnya dan perjuangan tokoh adat, tokoh masyarakat dan masyarakat kita di 4 kabupaten,” ungkap Pj. Gubernur Safanpo dalam pidatonya.

Dengan undang – undang itu pula, ibu kota kabupaten Merauke yakni Kota Merauke ditetapkan sebagai ibu kota Provinsi Papua Selatan, dan wilayah KTM Salor disepakati menjadi pusat pemerintahan.

Yang juga sudah disetujui semua elemen masyarakat pada saat awal perjuangan kemudian sudah berjalan selama satu tahun ini secara de facto.

“Disini akan dibangun pusat pemerintahan Provinsi Papua Selatan. Jadi letak ibu kota itu sudah melalui pembahasan yang sangat panjang pada penyusunan draft undang – undang melalui pembahasan semua jenjang , antara pemerintah pusat, DPR RI dan disetujui bersama dengan seluruh komponen,” tuturnya.

Disampaikan, titik koordinat pusat pemerintahan sudah di bahas oleh pemerintah pusat , Kemendagri serta tim pemekaran Provinsi Papua Selatan jauh sebelum peresmian DOB nya sebagai Provinsi.

“Maka itu Merauke punya peran yang sangat strategis. Oleh karena nya kita terus melanjutkan semua perjuangan yang sudah dimulai para pendahulu kita, para senior kita.

Atas nama masyarakat dan pemerintah Provinsi Papua Selatan kami ucapkan selamat merayakan hari jadi PPS yang pertama,” ucapnya.

Menengok dinamika yang ada, semua pihak komponen lapisan masyarakat di ajak saling bahu membahu membangun Provinsi sebagai bentuk penghargaan bagi para pejuangnya.

“Semua komponen lapisan masyarakat, mari kita sama – sama bahu membahu, saling mendukung dalam membangun Provinsi yang sudah diperjuangkan para pendahulu dan pemimpin kita sehingga dapat hadir di tengah kita. Semoga Provinsi Papua Selatan terus maju, berkembang dalam upaya menyejahterakan seluruh rakyat yang mendiami wilayah Provinsi Papua Selatan Dan semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi dan menjaga kita sekalian,” tutup Pj. Gubernur Safanpo. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *