Masih Ada Mitan, Gas LPG 3 Kilo Belum Masuk Merauke

Sales Branch Manager (SBM) III Papua, Anwar Hidayat.

Merauke, PSP – Gas LPG 3 kilogram hingga kini belum masuk ke wilayah Papua khususnya Merauke. Untuk saat ini, Pertamina masih menyediakan gas LPG jenis Bright Gas ukuran 5,5 kilogram, 12 kilogram dan 50 kilogram.

Sales Branch Manager (SBM) III Papua, Anwar Hidayat mengatakan, gas LPG 3 kilogram merupakan program pemerintah yang sampai saat ini belum masuk di wilayah Maluku – Papua.

Dijelaskan bahwa belum masuknya gas LPG 3 kilogram ke wilayah Papua-Maluku dikarenakan di daerah tersebut masih banyak masyarakat yang menggunakan mitan (minyak tanah).

“ Kenapa gak ada LPG 3 kilogram di sini (Merauke) karena di Merauke masih ada minyak tanah. Jadi pemerintah mensubsidinya masih di minyak tanah,” katanya kepada media ini di kantornya, Rabu (23/11).

Ditambahkan jika kedepannya gas LPG 3 kilogram tersebut hadir di Merauke, maka perlu adanya peralihan penggunaan minyak tanah ke gas LPG 3 kilogram tersebut sebagai pengganti subsidi pemerintah ke masyarakat.

“ Karena di Papua dan Maluku itukan subsidinya untuk kebutuhan rumah tangga itu masih di minyak tanah belum di LPG, kecuali nanti dikonversi dari minyak tanah ke LPG baru kemungkinan akan ada LPG 3 kilogram,” tambahnya.

Namun begitu, lanjutnya konversi penggunaan minyak tanah ke gas LPG 3 Kilogram masih sulit dilakukan di Merauke mengingat masih banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan minyak tanah dibandingkan menggunakan tabung gas LPG dengan berbagai alasan salah satunya yaitu masyarakat masih kurang memahami terkait penggunaan gas LPG termasuk keamanannya.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *