25 Juli 2024

Tingkatkan Mutu Layanan, Ini Beberapa Rencana RSUD Merauke

0

Pengenalan Master Plan RSUD Merauke.

Merauke, PSP – Di tahun ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke terus berupaya untuk meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat. Peningkatan layanan tersebut salah satunya dengan menyiapkan sarana dan prasarana.

“ Banyak yang akan diperlengkapi RSUD dalam rangka meningkatkan pelayanan kami baik sarana-prasarana maupun Sumber Daya Manusia,” kata Kabid Pelayanan RSUD Merauke, dr. Mereyke saat menyampaikan laporannya dihadapan Sekda Merauke, Rabu (19/6).

Dalam kesempatan tersebut juga RSUD Merauke memperkenalkan master Plan RSUD Merauke untuk beberapa tahun kedepan.

Untuk tahun ini, akan ada pembangunan yaitu gedung Pusat Infeksi Terpadu (PINTER) lewat DAK pusat. Kemudian gedung rawat inap dan poli jiwa lewat dana provinsi serta renovasi IGD yang pertama kali direncanakan akan menggunakan dana BLUD RSUD Merauke.

“ Dan beberapa renovasi lain seperti ruang KRIS BPJS, kemudian ada bantuan Cath Lab tahun ini untuk kateterisasi jantung dan CT Scan 64 slice. Kami baru ada 16 slice dan bantuan 64 slice lewat bantuan Sihren,” jelas dr. Mereyke.

Khusus untuk bantuan dari Cath Lab, perlu adanya persyaratan tambahan terkait Sumber Daya Manusia (SDM) yang saat ini belum tersedia di RSUD Merauke.

“ Tapi harus ada persyaratan harus ada SDM dan kami terkendala SDM-nya belum ada SDM yang intervensi spesialis Saraf, intervensi stroke maupun spesialis Radiologi intervensi. Jadi untuk syarat Cath Lab harus ada spesialisasi dengan intervensi tersebut,” jelasnya.

Sedangkan untuk bangunan yang tahun ini telah selesai dikerjakan diantaranya gedung HD atau gedung untuk cuci darah yang sudah sementara dioperasikan, kemudian kamar VIP percontohan yang siap dipakai serta gedung ICU yang sementara dilengkapi sarana dan prasarananya.

Dengan dibangunnya sarana dan prasaran kesehatan tersebut, RSUD Merauke berharap ini dapat meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima. “ Demikian secara rinci saya sampaikan rencana-rencana rumah sakit dalam meningkatkan mutu pelayanan kami sebagai rumah sakit pusat rujukan Provinsi Papua Selatan yang tahun ini sudah naik type dari type C menjadi type B,” pungkasnya.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *