18 Mei 2024

Kemanag Mappi Gelar Program Prioritas Kemenag RI, Drs.H. Syamsuddin, M.M : Moderasi agama bukan tentang agamanyatapi tentang Caranya

0

Mappi, PSP – Bertempat di aula dinas pendidikan, kantor Kementerian Agama Kabupaten mappi menggelar kegiatan Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi Beragama bersama pengurus FKUB, tokoh Masyarakat dan ASN kantor kementerian agama di kabupaten mappi. Kegiatan Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi dibuka oleh Asisten I Sekda Mappi, Senin (18/3/2024).

Dihadiri oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Papua dan Fasilitator Pokja Moderasi Beragama Kemenag Republik Indonesia bersama rombongan. Turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mappi, Kapolres Mappi, Kasi Intel Satgas 125 Si’mbisa dan Kepala Kesbangpol Mappi.

Kepala Kantor Kementerian Agama, Yohanes K. Dhendi, S.Pd.K mengucapkan selamat datang kepada kepala bagian tata usaha kanwil kemenag provinsi papua bersama fasilitator pokja moderasi beragama kemenag republik Indonesia di kabupaten mappi provinsi papua selatan. Terima kasih kepada penjabat bupati mappi yang diwakili oleh asisten I sekda mappi atas pembukaan kegiatan Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi di kabupaten mappi.

Ia sampaikan, kabupaten mappi menjadi salah satu kabupaten di provinsi papua dan seluruh Indonesia untuk menyelanggarakan kegiatan Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi tahun 2024. Kegiatan Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi Beragama merupakan salah satu kegiatan yang selenggarakan dari tujuh program prioritas kementerian agama republik Indonesia.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan pemahaman, pengetahuan dan pencerahan tentang nilai-nilai kerukunan, toleransi serta semangat moderasi agama yang telah ditanamkan oleh para tokoh-tokoh agama yang mendahului kami di tanah mappi. Nilai-nilai toleransi yang ditanamkan oleh para tokoh-tokoh di tanah mappi, tentu harus dirawat dan dijaga dengan baik, supaya kabupaten mappi menjadi kabupaten yang rumpun dan toleran dalam perbedaan,” tuturnya.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Papua, Drs. H. Syamsuddin, M.M mengatakan, salah satu program prioritas kementerian agama adalah penguatan moderasi beragama, dan telah tertuang dalam peraturan presiden nomor 18 tahun 2020 tentang rencana pembangunan jangka menengah. Disitu menegaskan bahwa, program prioritas adalah untuk memperkuat moderasi beragama dengan tujuan agar mengkukuhkan toleransi, kerukunan dan harmonis sosial.

“Moderasi bukan agamanya, tapi caranya, artinya moderasi beragama adalah cara pandang, sikap dan praktek beragama dalam kehidupan bersama. Dan cara mewartakan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusian serta membangun kemasyarakatan umum, karena moderasi beragama merupakan kunci terciptanya kerukunan dan toleransi,” jelasnya.

Ia menyebut, pada tahun 2021 lalu, provinsi papua berada diurutan kedua secara nasional di Indonesia, karena index kerukunan di provinsi papua yang luar biasa, tentu index tersebut adalah hasil karya bersama. Peraturan presiden nomor 58 tahun 2023 tentang penguatan moderasi beragama, maka program moderasi beragama menjadi kemitraan prioritas disemua kementerian lembaga.

Lebih lanjut, Asistsn I Sekda Mappi Mauridsius Kabagaimu, S.IP menyampaikan, terima kasih kepada kantor kementerian agama atas terselenggaranya kegiatan penguatan moderasi beragama di kabupaten mappi. Terima kasih kepada seluruh umat dan para tokoh-tokoh yang menjaga perbedaan dan toleransi di kabupaten mappi. “Dengan kegiatan orientasi pelopor penguatan moderasi beragama yang dilaksanakan selama tiga hari, kiranya dapat diteruskan kepada umat dan masyarakat kita dari beberapa agama, agar perbedaan ini bisa terjaga secara harmonis dan toleransi. Mari secara bersama-sama kita ikuti kegiatan ini dengan baik dari awal sampai selesai, supaya kita dapat meneruskan informasi kepada umat dan masyarakat kita,” tandasnya. [RADE-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *