24 Juni 2024

Satkamling Nanggit Sai Jadi Pemenang Lomba Satkamling HUT Bhayangkara

0

Kapolres menyerahkan piagam dan hadiah kepada Satkamling peraih nilai tertinggi. Foto: PSP/FHS

Merauke, PSP – Satuan  keamanan lingkungan (Satkamling) Nanggit Sai jadi peringkat pertama dalam lomba Satkamling daam rangka Hari Ulang Tahuan (HUT) Bhayangkara ke-77 yang diselenggarakan Polres Merauke, kali ini. Peringkat kedua disusul Satkamling H.Kasim dan peringkat III, Satkamling Spadem. Ketiga satkamling itu mendapat hadiah dan penghargaan dari Kapolres Merauke, AKBP Sandi Sultan di Mapolres, kemarin.

Ketua Lingkungan di Perumahan, Kelurahan Kamundu, Agus,  mengatakan kompakan dan rasa kebersamaan yang menonjol di Satkamling itu menjadi penilaian tersendiri agi Polres Merauke. Dari kekompakan itu melahirkan kebersamaan semua warga akhirnya muncul kegiatan gotong royong,ronda hingga kegiatan lainnya. Dalam keputusan bersama, warga menyepakati denda Rp 100.000, bagi yang tidak masuk ronda. Uang denda itu akan digunakan untuk kebutuhan pos seperti kopi, gula hingga kebutuhan lainnya. Di Satkamling itu sendiri mereka sudah membuat rencana kegiatan yang terstruktur.

“Misalnya, ronda kita lakukan mulai jam 12 malam hingga pukul 04.30 WIT. Kita sudah berjalan satu tahun ini, dampaknya kasus pencurian tidak ada lagi di lingkungan kami,”tuturnya yang diamini warga lainnya.

Ditambahkan, uang dari Kapolres senilai Rp 4.000.000 yang merupakan hadiah akan didiskusikan dengan warga peruntukannya seperti apa. Apakah untuk pembenahan pos atau keperluan lainnya.

Di tempat yang sama, Kapolres mengatakan lomba Satkamling itu bermaksud guna  memotivasi masyarakat agar semakin sadar bahwa keamanan itu penting. Lalu, pemeliharaan keamanan itu sendiri semua pihak bertanggungjawab, termasuk semua elemen masyarakat.

Dalam penilain itu harus memenuhi beberapa kriteria, seperti Kamling yang sudah tersusun, seperti ronda malam, dari sisi kebersihan, partisipasi masyarakat hingga fasilitas pendukung lainnya. Juara I  memperoleh  nilai 1.920, Juara II Kelurahan Seringgu jaya Satkamling H.Kasim dengan dengan total nilai 1.555, dan juara III Kelurahan Muli Satkamling Spadem dengan total nilai 1.145.

“Satkamling ini mengemban tugas kepolisian terbatas. Untuk itu, bila menemukan pelaku kriminal tugasnya melapor ke pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti,”terangnya.

Sementara Kapolri, Jenderal (Pol) Sigit Listyo menyebut apel Satkamling ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat revitalisasi satkamling, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat untuk pengamanan swakarsa untuk memperkuat sistem pengamanan lingkungan. Siskamling adalah garda terdepan dilingkungannya yang diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tgindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari perpolisian yang prediktif.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *