3 Desember 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Penyelesaian Batas Wilayah Merauke-Boven Digoel Diserahkan ke Kemendagri

Bupati kabupaten Merauke, Romanus Mbaraka

Merauke, PSP – Penyelesaian batas wilayah antara Kabupaten Merauke dan Boven Digoel akan diserahkan ke Kemendagri. Pasalnya, setelah melakukan berbagai jalan penyelesaian, kedua belah pihak ulayat disekitar perbatasan dua Kabupaten menemukan kebuntuan.

Bupati Kabupaten Merauke, Romanus Mbaraka mengaku pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Bupati Boven Digoel berserta pihak ulayat untuk menyelesaikan persoalan ini secara kekeluargaan. Namun upaya tersebut, tidak membuahkan hasil.

“Ketika kami dengan bupati Boven vasilitasi masyarakat Boven yang memiliki tanah disekitar garis batas tersebut dengan batas merauke, tetapi masing-masing mempertahankan hak ulayatnya masing-masing. Walaupun kita sudah menjelaskan bahwa hak ulayat itu tidak dibatasi oleh batas negara, batas administrasi, batas wilayah,” terangnya di Kantor DPRD Merauke, Kamis (25/11).

Romanus menambahkan bahwa ia akan kembali menghadap Mendagri untuk meminta masukan terkait langkah lanjutan penyelesaian masalah batas wilayah dua kabupaten.

“Akhirnya saya dengan Bupati Boven mengambil kesimpulan bahwa ini tidak ada mufakat untuk menentukan delinasi ruang masing-masing. Akhirnya berita acara mereka semua kembalikan ke Depdagri. Padahal sebenarnya Depdagri sendiri yang meminta masyarakat untuk duduk sama-sama,” pungkasnya. [WEND-NAL]

error: Content is protected !!