24 Juni 2024

Beroperasinya Penerbangan Perintis Tunggu Instruksi Bupati

0

Fransiskus Anggawen, S.Sos, M.Si

Merauke, PSP – Setelah ditutup guna mencegah penyebaran Covid-19, saat ini  penerbangan perintis menunggu instruksi bupati untuk kembali bisa beroperasi. Nantinya pembukaan bagi pesawat perintis akan dilakukan secara bertahap dengan melihat kondisi dan situasi yang ada.

Kepala Dinas Perhubungan Merauke, Frasiskus Anggawen, mengatakan bahwa memang saat ini penerbangan pesawat besar telah dibuka. Namun, karena pemerintah daerah tidak bisa memastikan akan bisa menampung penumpang yang terindikasi memiliki gejala covid baik di Hotel Asmat maupun di Wisma Atlit, maka sementara waktu belum diizinkan.

Kita tunggu pak bupati untuk mulai bergerak lagi, seperti yang ke Okaba, Kimam, Wanam. Memang kalau penerbangan yang keluar kabupaten sudah dibuka. Yang dalam kabupaten ini nanti masih bicara dengan pak Bupati dulu. Kecuali kalau ada yang carter baru bisa digunakan.

Menurut Frans, pengaktifan kembali pesawat perintis akan menyesuaikan kondisi. Apabila pesawat tipe Boing 737 seperti Garuda dan Batik Air tujuan kelaur dan masuk Papua yang sementara ini telah beroperasi tidak membawa dampak yang besar, maka selanjutnya pesawat perintis akan juga akan dibuka.

“Rencana memang pesawat yang besar dulu, kemudian pesawat yang kecil. Karena ini terkait kesiapan daerah untuk menampung apabila ada penumpang yang gejala atau apa kan butuh persiapan juga. Sehingga pak bupati minta bertahap dulu,” pungkasnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *