27 Juli 2024

Maraknya Pencurian Ditenggah Wabah Covid-19, Warga Giatkan Kembali Siskamling

0

Ilustrasi

Merauke, PSP – Warga Kampung Harapan Makmur Distrik Kurik mengiatkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di setiap RT. Pasalnya, belakangan ini, tinggah mewabahnya Covid-19, kejahatan pencurian semakin marak.

Dari pantauan Papua Selatan Pos, Kegiatan Siskamling ini dilakukan hampir menyeluruh di Distrik Kurik. Selain di Distrik Kurik, ada beberapa kampung lain seperti diDistrik Tanah Miring yang juga menggiatkan Siskamling.

Kepala Kampung Harapan Makmur, Drs Sutamto mengatakan, Siskampling selain sebagai upaya pengamanan juga merupakan bagian dari sistem penguatan sosial kemasyarakatan.

“Sebenarnya utamanyakan adalah membuat pola kerjasama dan kepedulian sosial. Kebetulan pas ada banyak terjadinya pencurian. Jadi utamanya adalah bagaimana kita merakit kepedulian social,” kata Sutamto, Senin (1/6/2020).

Sutamto menambahkan, dengan menaiknya eskalasi kejahatan, pola kepedualian sosail menjadi sangat terlihat. Ia menuturkan, bahkan tanpa adanya bantuan dana dari pemerintah Kampung, masyarakat secara bergotong royong membuat pos ronda sendiri. 

“Beliau-beliau ini kan dimasing-masing RT yang belum ada pos kamlingnya pada bikin siskamling sendiri tanpa dana dari kampung. Ini juga menjadi momoen untuk menggerakkan bangunan sosial,” pungkasnya. [WEND-NAL] 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *