21 Juni 2024

37 Perkara Telah Disidangkan Secara Online Selama Pandemi Covid-19

0

Ilustrasi

Merauke, PSP – Sebanyak 37 perkara telah disidangkan Secara Online di Pengadilan Negeri Merauke selama masa pandemi Covid-19 yaitu. 37 perkara ini terdiri dari 36 perkara pidana dan 1 kasus perdata. Persidangan di masa pandemi Covid-19 ini telah berlangsung sejak tanggal 30 Maret – 22 Mei 2020.

Ketua Pengadilan Negeri Merauke, Orpa Martina, SH melalui Humas Pengadilan Negeri Merauke, Rizky Yanuar, SH, MH saat ditemui Papua Selatan Pos di kantornya, Jumat (22/5), mengatakan untuk perkara pidana yang disidangkan didominasi oleh kasus penganiayaan. Selain itu ada juga beberapa kasus lain yang disidangkan seperti narkotika, perlindungan anak, pembunuhan, pencurian dan penggelapan.

“Selama pandemi ini, kita tetap melaksanakan sidang seperti biasa secara online. Untuk perkara perdata yang konfensional atau yang menggunakan e-litigasi. Untuk perkara pidana ini ada ada dasar hukumnya untuk kita melakukan sidang secara online, yang mana terdakwa ada di rutan, sedangkan untuk hakim, jaksa penuntut dan penasehat hukum tetap hadir di persidangan,” ungkap Rizky.

Dia menilai bahwa selama pandemi Covid-19 ini jumlah perkara yang masuk di Pengadilan Negeri Merauke menurun dibandingkan dengan sebelumnya. Di samping itu, untuk pelaksanaan persidangan tetap dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Semua pihak yang hadir di persidangan baik hakim, jaksa penuntut umum, penasehat hukum dan juga para saksi wajib menggunakan masker dan wajib mencuci tangan.

“Kami sendiri belum bisa memastikan dengan adanya penurunan jumlah perkara. Apakah ini kesadaran hukum masyarakat yang mulai membaik atau mungkin saja karena adanya pandemi covis-19. Tapi ini intinya tindak pidana yang ada lebih sedikit dibandingkan sebelum adanya Covid-19,” kata Rizky. [JAK-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *