19 Juli 2024

Pj. Gubernur Safanpo : Masyarakat di Asiki minta plasma diberikan tersendiri sesuai marga

0

Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo.,ST.,MT

Merauke, PSP – Pj. Gubernur Papua Selatan Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo.,ST.,MT mendengarkan permintaan masyarakat adat di Asiki saat pertemuan dengan pihak perusahaan sawit di Asiki baik PT. Korindo maupun PT. Tunas Sawa Erma.

Pj. Gubernur Safanpo mengatakan, masyarakat adat pemilik hak ulayat disana meminta agar plasma yang sudah diberikan perusahaan kepada masyarakat tidak satu untuk semua marga.

Sebab pemilik tempat perusahaan sawit berdiri tidak hanya dimiliki oleh satu marga.

Dijelaskan, ada beberapa hal permintaan yang siap dilakukan perusahaan, dan ada berapa hal juga mesti melalui proses.

“Seperti contoh satu areal tempat perusahaan berdiri dimiliki oleh beberapa marga, dan ada satu areal di perusahaan itu yang dipakai untuk kebun plasma. Nah disini masyarakat setiap marga meminta mereka tidak disatukan dalam satu kebun plasma,” kata Pj. Gubernur Safanpo kepada wartawan.

Untuk mewujudkan hal itu, lebih dahulu wajib memiliki HGU dan mesti melalui proses yang panjang.

“Mereka ingin setiap marga itu diberikan plasma tersendiri sesuai tanah marga nya. Sementara untuk mewujudkan itu mereka harus punya Hak Guna Usaha (HGU) sendiri. Sehingga ini tidak bisa langsung disetujui pihak perusahaan,” lanjutnya.

Kata Pj. Gubernur, perusahaan menyampaikan hal-hal yang mereka lakukan seperti CSR ini mereka laksanakan dalam 5 bidang yaitu untuk pendidikan, kesehatan, infrastruktur, sosial ekonomi dan lingkungan hidup.

“Masyarakat menyampaikan kritik, maupun saran. Kami juga melakukan pertemuan khusus dengan masyarakat, disana masyarakat menyampaikan kepada kami keluhan, kendala, permasalahan. Dan keluhan-keluhan masyarakat itu kami sampaikan langsung ke perushaaan,” pungkasnya. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *