13 Juli 2024

Insan Pers Memiliki Peran Sukseskan Pilkada di Papua Selatan

0

Acara media gathering oleh KPU Papua Selatan bersama insan Pers

Merauke, PSP – Komisi Pemilihan Umum Papua Selatan menggelar media gathering bertemakan peran media dalam menyukseskan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati – Wakil Bupati tahun 2024 di kantor KPU Papua Selatan, Rabu (12/6/2024).  Media gathering itu melibatkan puluhan wartawan dari berbagai media yang ada di Merauke.

Anggota Komisioner KPU Papua Selatan Divisi Perencanaan dan Informasi, Daniel Ndiwaen mengemukakan media gathering ini lebih kepada membangun silaturahmi dan komunikasi antara KPU dengan para jurnalis. Dari pelaksanaan Pemilu 2024 yang berlangsung 14 Februari 2024 lalu, pihaknya merasa banyak terbantu oleh para kuli tinta lewat pemberitaan media. Sebagai penyelenggara,  dalam Pemilu 2024 kemarin, sebut Daniel, pihaknya dibantu media dalam hal berita-berita soal Pemilu sampai ke daerah-daerah  hingga partsipasi masyarakat tinggi.

“Ini kan berkat informasi yang disalurkan media, baik media cetak, online, media visual maupun media elektronik lainnya. Ini sangat luar biasa”, tutur Daniel.

Lewat dukungan pemberitaan itu sudah tercipta kerjasama yang baik. Untuk itu diharapkan dalam Pemilukada tahun 2024 ini, baik untuk pemilhan gubernur-wagub, bupati dan wagub ada peningkatan partisipasi masyarakat. “Media gathering ini guna menyamakan persepsi kita (KPU dengan wartawan,red)”, tukasnya.

Di tempat yang sama, Sekretrais KPU Papua Selatan, Jimmy Winarta mengakui bila pihaknya juga membutuhkan media dalam hal menyerbarluaskan informasi kepemiluan kepada masyarakat. Begitu pun dengan para awak media, membutuhkan KPU untuk mendapatkan informasi yang valid dan akurat soal proses atau tahapan-tahapan Pemilukada yang sedang berjalan saat ini.

Demikian halnya dengan Kabag Perencanaan, Data dan Informasi KPU Papua Selatan, Yuliana CH. Handayani. Lewat media gathering kali ini bisa tercipta sinergitas antara media dengan KPU dalam menyukseskan Pilkada 2024 yang berlangsung 27 November 2024 mendatang.

Eman Riberu, salah satu wartawan di Papua Selatan mengatakan saat Pemilu 2024, para jurnalis sudah menunjukkan eksistensinya dalam menyukseskan agenda nasional tersebut lewat pemberitaan di media masing-masing. Mulai dari awal tahapan, pencoblosan proses pleno penghitungan suara. “Memang momen seperti ini sudah tepat”, singkatnya.

Dari puluhan wartawan yang hadir mengharapkan adanya media center di KPU Papua Selatan. Hal ini dimaksud untuk mempermudah mengakses informasi dan melakukan konfirmasi sebuah berita yang berkaitan dengan Pemilukada maupun kerja-kerja KPU. “ Mungkin perlu ada media center, sehingga kami lebih mudah mendapatkan informasi dan satu pintu. Bila peru juga ada Jubirnya (juru bicara)”, pinta Iwan, wartawan dari dari media televisi SCTV.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *