13 Juni 2024

Pj. Gubernur Safanpo : Desain Pusat Pemerintahan Papua Selatan Berbentuk Perisai

0

Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo.,ST.,MT

Merauke, PSP – Pemerintah Provinsi Papua Selatan telah menyelesaikan setidaknya 10 kriteria yang harus dilengkapi dalam rangka mengeksekusi pembangunan pusat pemerintahan di KTM-Salor.

Salah satu kriteria dimaksud adalah desain pusat pemerintahan.

Pj. Gubernur Papua Selatan Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo,ST.,MT mengatakan pemerintah telah menyelesaikan 10 kriteria wajib yang harus dipenuhi untuk dilakukan pembangunan.

Desain pusat pemerintahan dibuat berbentuk perisai yang biasa dipakai oleh suku-suku di wilayah Provinsi Papua Selatan dalam berperang.

“Desain pusat pemerintah Provinsi Papua Selatan di KTM Salor dibuat berbentuk perisai yang biasa dipakai oleh suku-suku di wilayah Provinsi Papua Selatan dalam berperang,” ujar Pj. Gubernur Safanpo saat memberikan laporan kepada Komisi II DPR RI baru-baru ini.

Pj. Gubernur Safanpo menegaskan persiapan yang komprehensif telah dilakukan untuk memastikan kelancaran pembangunan infrastruktur vital itu.

Adapun 10 kriteria dimaksud untuk pelaksanaan pembangunan di pusat pemerintahan Provinsi Papua Selatan di KTM Salor dan sepenuhnya sudah selesai Alatas lengkap secara dokumen yakni, penetapan lokasi, pembebasan lahan seperti pelepasan adat, sertifikat, dan pelimpahan aset sudah selesai, surat pernyataan serah terima dan sertifikat, master pla, basic desain, kesesuaian pemanfaatan ruang dengan RDTR kabupaten, Feasibilty Studi (FS), dokumen amdal juga sudah selesai, rencana anggaran biaya baik dari APBN dan APBD.

“Semua sudah selesai, sehingga di dalam SIPD dan OSS sudah dinyatakan RC Provinsi Papua Selatan sudah lengkap dan siap untuk dilakukan pembangunan infrastruktur di pusat pemerintahan di lahan seluas 152 hektar, posisinya siap untuk didirikan gedung,”

Disebutkan, pemerintah juga sudah menarik titik koordinat untuk pendirian setiap gedung. Baik untuk gedung Gubernur, kantor DPRP dan MRP. “Basic desain ini juga sudah selesai sudah ditandatangani semua,” kata Pj. Gubernur Safanpo. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *