18 Juni 2024

Sampai Kapan Sopi dan Sageru Merajalela di Naukenjerai? Petugas Sudah Berulang Kali Oprasi Miras

0

Kapolsek Onggaya, Iptu J Sitanggang bersama anggotanya menumpahkan sagero bahan dasar pembuatan sopi saat razia miras

Merauke, PSP – Sampai kapankah Sopi dan Sageru Merajalela di Naukenjerai? Pertanyaan ini layak dilantunkan mengingat hingga sat ini minuman memabukkan yang belum diketahui berapa persen kadar alkoholnya itu masih saja ditemukan oleh petugas. Petugas Polsek Naukenjerai sendiri sudah sering bahkan tiap saat melakukan oprasi miras, masih saja ada ada ditemukan pabriknya.

Selasa (28/5/2024), petugas dari Polsek kembali mengamankan ratusan liter minuman keras lokal  jenis sageru di Kampung Kuler, Distrik Neukenjerai, Kabupaten Merauke, Propinsi Papua Selatan.  Miras itu diperoleh saat petugas melakukan razia. Petugas juga mengamankan peralatan dari pabrik sopi yakni dandang, alat masak,alat suling hingga bahan dasar yakni sagero.

“Bahan baku pembuatan minuman lokal jenis sopi ini kurang lebihnya sekitar 127 liter”, ujar Kapolsek di ruang Humas Polres Merauke, kemarin.

Dulunya sebut Kapolsek, pabrik milo masih di kawasan pemukiman warga maupun pesisir pantai. Mereka cukup nekad menggeluti bisnis tersebut. Kini modus baru, para pelaku membat pabrik di dalam hutan yang jaraknya cukup jauh dari pemukiman dengan maksud bisa mengelabui petugas.

“Menuju pabrik miras lokal ini kita lewati rawa-rawa sekitar 30 menit hingga 1 jam. Hanya saja saat penggrebekan para pemilik sudah kabur ”, cerita Kapolsek.

Kapolsek juga menduga, miras yang diproduksi di sana (Naukenjerai,red)  ada juga yang sampai ke kota Merauke. Pihaknya sendiri tidak akan bosan dan kapok memerangi miras yang sudah mengganggu kamtibmas di Naukenjerai. “Kita akan operasi terus. Mau bikin pabrik dimana saja, kita kejar terus”, katanya dengan tegas.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *