13 Juni 2024

DPMK Dampingi Kampung Terkait Pajak Dana Kampung

0

Daud Hollenger.

Merauke, PSP – Beberapa waktu lalu Inspektorat Daerah kabupaten Merauke mengungkapkan bahwa masih banyak ditemukan kampung yang salah dalam pengelolaan dana kampung. Disebutkan masih ditemukan kampung yang tidak menyetorkan pajak setiap kegiatan kampung yang dilaksanakan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Merauke, Daud Hollenger mengatakan bahwa pihaknya memang masih menemukan kampung yang dalam mengelola anggaran kampung tidak memperhatikan pajak setiap kegiatan yang diselenggarakan.

Dijelaskan Daud, kesalahan pengguna anggaran kampung dalam memungut pajak itu adalah ketika awal kegiatan kampung tidak pisahkan, terdapat juga kampung yang sudah pisahkan pajak-pajak dari kegiatan kampung tapi terakhir kepala kampung gunakan itu lagi untuk hal lain.

“ Dimana ada pajak yang tidak dijalani kampung, kami sudah berusaha ingatkan lewat kampung dan pendamping.  Ketika pajak itu tidak dibayar itu juga pendapatan kita berkurang,”  jelasnya kepada media ini di kantornya belum lama ini.

Pihaknya telah berupaya untuk mencegah dengan cara mengingatkan namun masih saja ditemukan.

Untuk itu kedepan pihaknya sebagai pendamping akan terus mendampingi pengguna anggaran kampung agar hal tersebut dapat diminimalisir atau bahkan dihindari.  

“ Tapi kita sudah mau ambil langkah untuk kedepan kita lakukan verifikasi dokumen dan tim verifikasi yang dinas bentuk itu akan memeriksa dokumen kegiatan kampung itu, mana yang harus terkait dengan pajak-pajak itu wajib segera dipindahkan. Nanti pada saat pemeriksaan berkas atau dokumen kegiatan pembangunan di kampung mana yang berupa pajak itu kita ingatkan pengguna anggarannya, kepala kampungnya untuk ini dipisahkan dan tidak digunakan, karena kewenangan kita hanya mendampingi ,” pungkasnya.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *