18 Juni 2024

Cerita Bupati Romanus Dapat Ratusan Alsintan dari Pempus

0

Merauke, PSP – 2 hari lalu puluhan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) yang diangkut oleh KRI dr. Soeharso 990 tiba di kabupaten Merauke. Puluhan Alsintan tersebut baru sebagian dari total Alsintan yang rencananya akan tiba di Merauke guna mendukung peningkatan produksi padi nelalui optimalisasi lahan seluas 40 ribu hektar di kabupaten Merauke.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka sangat bersyukur dan berterimakasih kepada pemerintah pusat yang telah mendukung pertanian di kabupaten Merauke dengan memberikan bantuan ratusan Alsintan tersebut.

“ Kita bersyukur kepada Tuhan bahwa perhatian Presiden Jokowi dan presiden terpilih pak Prabowo dan kementerian terkait khususnya Menteri Pertanian itu betul-betul integrasi kerjanya luarbiasa untuk membangun Indonesia khususnya kami di perbatasan RI-PNG,” katanya kepada wartawan di pelabuhan Merauke, Minggu (26/5).

Dirinya bercerita bantuan Alsintan tersebut diberikan setelah Menteri Pertanian dan Wakil Menteri Pertahanan melakukan kunjungan kerja beberapa waktu lalu dan melihat secara langsung potensi pengembangan pertanian di kabupaten Merauke yang belum maksimal dikelola karena minimnya sarana-prasarana pertanian.

“ Ketika pak Menteri begitu lihat kondisi existing disini bahwa ternyata ini perlu peralatan, rakyat itu butuh peralatan, butuh supporting yang besar, butuh saprodi, butuh bagaimana infrastruktur yang berkaitan dengan pengelolaan pertanian ini baik water systemnya, drainase, long storage dan semua pintu air lalu juga bagaimana manajemennya,” jelasnya.

Setelah melihat secara langsung, Menteri Pertanian menurunkan tim ahlinya ke Merauke dan dalam waktu singkat langsung ratusan Alsintan didorong terpadu kerjasama langsung dengan TNI AL untuk bagaimana mendorong dari sana.

“ Alsintannya rinci didorong, ada peralatan tanamnya, ada peralatan olah tanah, ada peralatan untuk menata airnya, lalu juga ada peralatan terkait lain peralatan panennya,” sambungnya. Untuk itu dorongan ratusan Alsintan tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian khususnya padi di kabupaten Merauke terlebih saat ini memasuki musim tanam Kedua atau Gaduh.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *