18 Juni 2024

Begini Respon Petani atas Kedatangan Puluhan Unit Alsintan dari Kementan

0

Tampak Aceng naik di atas traktor bantuan Kementan yang baru saja tiba di Merauke

Merauke,PSP –  Sebanyak 75 unit  Alat dan Mesin Pertanian (alsintan) bantuan dari Pemerintah Pusat tiba di Kabupaten Merauke yang diangkut  menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) dr. Soeharso 990, Minggu (26/5/2024). Alsintan gelombang pertama itu berupa  Traktor, Rice Transplanter dan Combine Harvester serta sparepartnya.

Ketua Gapoktan Nggutibob Sermayam 2, Aceng yang sekaligus petani mengapresiasi perhatian dan dukungan pemerintah pusat lewat Kementerian Pertanian. Dukungan alsintasn tersebut dinilai sangat membantu masyarakat, khususnya petani padi di bumi Anim Ha.

“Kami di Merauke ini sangat kekurangan alsin mulai dari olah tanah  dan juga alsin panen. Alhamdulilah sekarang sudah direaliasikan”, tutur Aceng di sela-sela proses penurunan alsintan dari KRI di Pelabuhan Yos Sudarso.

Dengan kehadiran alsintan tersebut diharap bisa membantu mengatasi kendala-kendala yang dihadapi petani selama ini.

Aceng maupun sejumlah kepala kampung yang turut ikut dalam penjemputan alsintan itu menyampaikan apresiasi kepada Bupati Merauke,Romanus Mbraka karena langsung menyampaikan keluhan para petani ke Menteri Pertanian, saat kunjungan di Merauke sebulan lalu. “Bapak bupati bicara langsung dengan pak Mentri dan mendapat respon cepat untuk memberikan bantuan kepada petani”, ujar Aceng bersama beberapa kepala kampung. Bupati Merauke, Romanus Mbraka menyebut jumlah keseluruhan alsintan itu sebanyak 250 unit. Namun pengirimannya dilakukan bertahap.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *