13 Juni 2024

Lantik 110 PPD, Rosina : Penyelenggara jangan jadi sumber konflik

0

Pengambilan sumpah dan janji oleh anggota PPD yang dilantik

Merauke, PSP – Pelantikan dan bimtek Panitia Pemilihan Distrik se-Kabupaten Merauke untuk Pemilihan Gubernur-Wakil gubernur dan Bupati-Wakil bupati Kabupaten Merauke tahun 2024, di Swissbelhotel Merauke, Kamis (16/5/2024) sore. Sebanyak 110 PPD dilantik dan diambil sumpah.

Ketua KPU Merauke, Rosina Kebubun mengatakan berharap lewat pelantikan ini pelaksanaan Pemilihan Gubernur-Wakil gubernur maupun Bupati-Wakil bupati 27 November 2024 bisa berjalan aman, damai dan sukses. Penyelenggara, kata Kebubun jangan jadi sumber konflik. Karena merubah data.

“Jangan rubah sana rubah sini, stop itu. Karena bapak ibu tadi sudah disumpah”, tegas Kebubun di hadapan ratusan anggota PPD saat pelantikan itu.

Seluruh penyelenggaraan Pilkada yang dipersiapkan hingga enam bulan ke depan harus berjalan dengan maksimal dan sesuai dengan prinsip-prinsip penyelenggaraan pemilu. Setip distrik akan diisi 5 orang anggota PPD dibantu dari tim sekretariat.

Usai dilantik, ratusan PPD itu langsung mengikuti bimbingan teknis selama tiga hari hingga 18 Mei 2024.

Dalam bimtek anggota PPD mereka akan dibekali dengan soal penyelenggaraan kepemiluan maupun komunikasi hubungan kerja antara KPU maupun sesama petugas ad hoc lainnya. Dihadirkan pula narasumber dari luar KPU guna mengisi pengetahuan mereka, yakni Bawaslu soal pengawasan. Begitu juga dengan Kepolisian dan Kejaksaan yang akan memberi materi soal tindak pidana Pemilu dan proses hukum. Mereka juga dibekali pembuatan laporan pertanggungjawaban keuangan.

“Semua kegiatan ini menggunakan anggaran negara yang tidak sedikit dan harus dipertanggungjawbkan”, tandasnya.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *