27 Juli 2024

Muncul Beberapa Nama di Bursa Bacawabup Merauke, Apakah 2 Nama Ini Mampu Goyang Posisi Petahana?

0

Prayogo

Merauke, PSP – Dinamika politik di kabupaten Merauke jelang perhelatan Pilkada 2024 terus bergulir.

Masyarakat Merauke akan kembali memilih bupati dan wakil bupati untuk periode 2024-2029 mendatang.

Nah, beberapa nama untuk Bacalon bupati dan wakil bupati Merauke telah muncul paska partai politik membuka pendaftaran guna penjaringan.

Para Bacalon bupati seperti Yosep Gebze, Hendrikus Mahuze, Kristian Gebze tampaknya memiliki keinginan kuat memimpin Merauke 5 tahun ke depan lewat kontestasi Pilkada nantinya.

Hal itu boleh dilihat dari beberapa pajangan baliho para figur-figur itu dibeberapa titik strategis kabupaten Merauke.

Namun, pemilihan terhadap figur bakal calon wakil bupati tak kalah penting. Untuk dapat meraup suara di kabupaten Merauke yang adalah Indonesia mini.

Ada 3 nama yang juga sampai saat ini menjadi perbincangan masyarakat. Dan masuk dalam bursa bacawabup. Seperti Kusmanto, Prayogo, juga Riduwan.

Dari ketiga nama, salah satu sosok tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Merauke, namanya menghiasi daftar wakil bupati Merauke periode 2019-2024.

Dan kali ini Hendrikus Mahuze, mantan pegawai Negri sipil (PNS) itu memajang foto dirinya berpasangan dengan Riduwan yang notabene adalah petahana, di laman TikTok miliknya.

Dua nama lainnya tak kalah populer. Satu nama merupakan pentolan anggota DPR Provinsi Papua Dapil Papua Selatan, satu nama lainnya juga berlatar belakang politisi yang merupakan anggota DPRD Merauke.

Kedua sosok ini tidak bisa dipandang remeh, masing-masing punya modal penting untuk bertarung di Pilkada yang akan di helat 27 November 2024 mendatang. Berikut ulasannya ketiga bacawabup ini.

Kusmanto

Meski gagal menyabet kursi DPR-RI pada pileg 2024 lalu, Kusmanto pernah menghiasi daftar anggota DPRD Provinsi Papua periode 2019-2024. Ia harus puas bertengger pada nomor urut 1 dan berhasil meraih suara 20 ribuan lebih kala itu.

Saat ini dengan kepala tegak, ia mendapat penugasan dari PKS untuk menjadi bakal calon bupati Merauke periode 2024-2029.

Belakangan, Kusmanto diisukan akan berpasangan dengan Yosep Gebze meski hal ini belum dikonsolidasikan mengingat beberapa partai masih melakukan penjaringan.

“Saya mendapatkan mandat dari partai untuk maju sebagai kosong dua di Merauke,” ujar pria berlatar belakang pendidikan hukum ini di Swiss-Bell Merauke, kemarin.

Prayogo

Nama Prayogo atau Yogo sapaannya, pun mulai diperbincangkan sejumlah kalangan masyarakat Merauke di masa-masa politik saat ini.

Mengapa tidak, di sejumlah titik, baliho Kristian Gebze dan Prayogo sudah terpampang. Keduanya kompak menyatukan tangan dengan kepala tegak.

Prayogo sempat menduduki 1 kursi anggota DPRD Asmat pada periode 2014-2019, lalu dengan berbekal pengalamannya di Asmat, ia menyeberang ke Merauke untuk mengikuti pileg 2019 dan terpilih sebagai anggota DPRD Merauke periode 2019-2024.

Kegagalannya di pileg 2024, yang mendapatkan 2021 suara tidak membuat Prayogo menyerah.

Dikonfirmasi kemarin, mengamini dirinya bakal maju menjadi bakal calon wakil bupati Merauke berpasangan dengan Kristian Gebze pada Pilkada 27 November 2024 mendatang.

“Kami sudah mendapatkan arahan dari DPP untuk kami berpasangan, dan kami juga dipercaya sudah boleh menggunakan atribut partai dalam kerja-kerja kami kedepan, sudah 90 persen dipercayakan (oleh Golkar, red) maju Pilkada Merauke,” jelas Prayogo di Merauke.

Disadur dari sejumlah sumber, Prayogo sempat menjadi wakil ketua pemenangan dan koordinator pemenangan baik di Asmat maupun di Merauke. Dan saat ini dia dipercaya sebagai Sekertaris DPD Partai Golkar Provinsi Papua Selatan.

Riduwan

Riduwan merupakan wakil bupati Merauke 2019-2024 yang notabene adalah petahana.

Riduwan yang berpasangan dengan bupati Merauke saat ini, 2019 silam harus bertengger menjadi pemenang dari pasangan Hendrikus Mahuze-Edy Santosa dan Heribertus Silubun-Bambang Setiadji.

Kabarnya, Riduwan kembali akan maju sebagai Bacawabup Merauke dipinang oleh Hendrikus Mahuze. Hal itu diperkuat dengan postingan TikTok Hendrikus Mahuze yang sudah mem posting foto keduanya. Well.. siapa jagoan anda dari ketiga nama di atas ??. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *