18 Mei 2024

Ketinggian Elevasi Merauke dengan Permukaan Laut Cuma 3 Meter, Ini Kata Pemprov dan Pemkab

0

Pj. Gubernur Safanpo dan Wakil Bupati Merauke ketika menanggapi kondisi banjir di Merauke.

Merauke, PSP – Banjir dan tergenangnya beberapa wilayah di Merauke akhir-akhir ini membuat banyak pertanyaan, seperti apa kondisi Merauke yang notabene adalah tanah datar.

Pj. Gubernur Papua Selatan, Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST.,MT menanggapi kondisi banjir yang terjadi di beberapa titik di wilayah Merauke akhir-akhir ini dengan memberikan penjelasan terkait kondisi geografis dan perubahan iklim.

Menurutnya, secara global, titik nol Papua Selatan terletak di Kaimana hingga Merauke, dengan sebagian wilayah di antara kedua titik tersebut cekung ke bawah, seperti daerah Komako, Asmat, Mappi, hingga Kimaam.

“Muka air selalu rata, sehingga ketika pasang maksimum terjadi, titik nol berada di Kaimana dan Merauke, sementara wilayah di tengahnya sudah terendam hingga 2 meter di atas permukaan tanah,” kata Pj. Gubernur Safanpo di kantor bupati Merauke.

Ia katakan potensi bahaya yang lebih tinggi, ketika pasang laut maksimum dipadukan dengan curah hujan intensitas tinggi dan durasi yang lama.

Menyikapi hal ini, Pj. Gubernur Safanpo menekankan pentingnya mewaspadai perubahan iklim yang ekstrem serta intensitas hujan yang tinggi dan berkepanjangan. “Kondisi alam seperti ini menuntut kita untuk melakukan langkah-langkah mitigasi guna meminimalisir potensi bencana. Meskipun kita tidak bisa mengatur alam, kita dapat beradaptasi dan melakukan langkah-langkah mitigasi,” tambahnya.

Wakil Bupati Merauke H. Riduwan mengatakan, tidak menyangka peristiwa kebanjiran terjadi di sejumlah titik.

“Kita tidak menyangka. Karena peristiwa ini pun sempat terjadi di tahun 1986 menurut warga. Dan ini bukan karena hujan di daerah kita, tetapi adanya kiriman air dari daerah lain yang cukup signifikan,” ujar Wabup Riduwan di kantor Bupati Merauke lusa lalu.

Sementara itu, petugas Prakiraan Cuaca BMKG Merauke, Yunita, mengungkapkan bahwa ketinggian elevasi dataran Merauke terhadap permukaan laut saat ini berada pada posisi 3 meter. “Ketinggian elevasi Merauke terhadap permukaan laut adalah 3 meter,” ujar Yunita dari balik ponselnya, kemarin. Seperti diketahui, Elevasi ketinggian tanah adalah tingkat ketinggian permukaan tanah relatif terhadap titik referensi tertentu, seperti permukaan laut atau titik acuan. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *