21 Mei 2024

Tahapan Pilgub-Wagub 2024 Dilaunching

0

Lounching tahapan Pilgub-wagub Papua Selatan tahun 2024 ditandai dengan penekanan tombol bersama dan pelepasan balon oleh Komisioner KPU RI, Ketua KPU Papua Selatan, Ketua Bawaslu dan Asisten I Setda Pemprov Papua Selatan

Idham Kholik : Sebagai pilkada perdana, ini menjadi catatan pembangunan Papua Selatan ke depan

Merauke, PSP – Launching tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur Papua Selatan tahun 2024 di lapangan Monumen Kapsul Waktu, Jumat (10/5/2024).

Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuse mengatakan pelaksaanaan pilkada kurang lebih 202 hari lagi menuju 27 November 2024 (hari H) dan cukup singkat, bila dihitung dari pelaksanaan launching. Dengan waktu yang ada KPU tetap bekerja semaksimal mungkin dalam melaksanakan tahapan pilkada yang dalam prosenya melibatkan banyak pihak. Sebagai penyelenggara meminta dukungan Pemprov Papua Selatan, Forkopimda hingga seluruh lapisan masyarakat dalam mengawal hingga menyukseskan pemilihan gubernur-wakil gubernur perdana ini.

“Dengan dukungan semua pihak, kami optimis pilkada di Papua Selatan ini sukses”, ujar Theresia di sela-sela launching itu.

Mantan Ketua KPU Merauke itu juga mengajak KPU di empat kabupaten untuk bekerja dengan berpegang teguh pada peraturan perundang-undangan, terutama yang menyangkut peraturan Pilkada dan peraturan kode etik penyelenggara. Kemudian bertanggungjawab, akuntabel, transparan dan bekerja dengan penuh integritas.

“Jik hal ini kita laksanakan, maka kita optimis akan berjalan dengan baik, lancar dan sukses”, kata Theresia seraya menambahkan kehadiran komisioner KPU RI menjadi penyemangat bagi KPU di Papua Selatan.

Komisioner KPU RI, Idham Kholik mengatakan penyelengaraan pilkada di PPS tidak hanya merupakan perintah UU Pilkada itu sendiri, tetapi UU nomor 14 tahun 2022 khususnya pasal 9 ayat (1). Dengan demikian pilkada di Papua Selatan sangat istimewa sekali. Sebagai pilkada perdana ini menjadi catatan pembangunan Papua Selatan ke depan.

Idham juga memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Pemilu 2024 yang berlangsung 14 Februari 2024 lalu berjaan lancar dan sukes. Hal ini berkat dukungan semua pihak, meski dalam persiapannya begitu singkat.

“Ini menjadi modal penting bagi kami sebagai penyelenggara bahwa tahapan penyelenggaraan pilkada, khususnya Pilgub-wagub sangat yakin berjalan lancar. Apalagi didukung penuh Pemprov Papua Selatan bersama Forkopimda hingga semua unsur yang ada”, katanya penuh yakin.

Pilkada bukan hanya sekedar bicara kontestasi tapi bagaimana pilkada perdana ini memberikan kontribusi penting untuk jalan pembangunan di Papua Selatan dalam rangka memperkokoh kesatuan dan persatuan bangsa. Pilkada adalah momen strategis memperkuat pembangunan lokal dalam rangka memajukan Indonesia.

“Untuk itu kami berpesan kepada KPU Papua Selatan dan KPU di kabupaten untuk mengintensifkan sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat. Karena ini merupakan kunci sukses dari penyelenggaraan pilkada”, pintanya.

Asisten I Bidang Pemerintahan Umum dan Otsus Papua Setda Provinsi Papua Selatan, Agustinus Joko Guritno menambahkan pada prinsipnya pemerintah Provinisi Papua Selatan mendukung penuh kelancaran Pilkada tahun ini hingga tuntas.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *