26 Juli 2024

KPU Pakai Metode Medsos Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

0

Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuse membuka sosialisasi dan pendidikan pemilih pasca pemungutan suara tahun 2024 di hotel Halogen Merauke

Merauke, PSP –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Selatan memaksimalkan berbagai metode dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memberikan hak suaranya dalam Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur-Wakil gubernur 27 November 2024 mendatang. Selain melakukan sosialiasi dengan tatap muka, KPU juga menggunakan metode media sosial dalam menyasar kalangan pemilih pemula.

“Para pemilih pemula ini kan sudah sangat akrab dengan medsos, seperti  Instagram, Facebook, Twitter dan Tiktok”, ujar Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuse di saat membuka sosialisasi dan pendidikan pemilih pasca pemungutan suara tahun 2024 yang dihelat oleh KPU RI di hotel Halogen Merauke, Rabu (8/5/2024).

Sebagai informasi di Papua Selatan kata Theresia, untuk pemilih pemula cukup banyak. Dari DPT  367.269  Pemilu 2024, pemilh pemula mencapai 22.000 lebih. Kemudian  tingkat pertisipasi masysarakat pada Pemilu 2024 yang berlangsung 14 Feberuari 2024 lalu, baik pemilihan Presiden-Wapres, DPD RI, DPD, DPR RI, DPRD provinisi maupun DPRD kabupaten rata-rata 84,59 persen. “Di Pilkada ini kita berharap partisipasi masyarakat bisa  meningkat. Kami harus optimis, jangan pesimis”, utaranya.

Kepala Bagian Pendidikan KPU RI, Arif Ma’ruf mengatakan sosialiasi terebut bertujuan guna menumbuhkan kesadaran di kalangan pemilih pemula tentang politik dan hak-hak pemilih. Lalu, menumbuhkan pengetahuan dan sikap politik.

“Sosialisasi pasca Pemilu ini agar Pilkada dan Pemilu yang akan datang semakin diikuti oleh pemilih yang bertanggungjawab terhadap pilihannya. Pemilih menjadi cerdas, memiliki logika nalar yang baik, serta bertanggung jawab”, ucapnya.

Papua Selatan merupakan DOB yang memiliki empat kabupaten (Merauke, Mappi, Boven Digoel dan Mappi). Pilkada tahun ini merupakan perdana untuk pemilihan Gubernur-Wakil gubernur. [FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *