19 Juni 2024

Pj. Gubernur Safanpo Sebut SPAM di KTM Salor Sudah Dilaksanakan

0

Merauke, PSP – Pembangunan sarana prasarana perkantoran pemerintahan Provinsi Papua Selatan sampai hari nampak belum dilakukan eksekusi.

Diketahui pemerintahan Provinsi Papua Selatan sudah berjalan hampir 2 tahun sejak penjabat Gubernur turun dan melaksanakan tugas 12 roadmap yang dirangkum menjadi 4 tugas pokok.

Dalam hal pembangunan sarana prasarana perkantoran, DOB Provinsi Papua Selatan telah dinyatakan bahwa Readiness criteria (RC) sudah lengkap.

Namun, untuk pelaksanaan pembangunan fisiknya, sesuai arahan Presiden dan Wakil Presiden selaku kepala Badan Perencanaan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP), pembangunan infrastruktur sarana prasarana perkantoran di Daerah Otonomi Baru (DOB) akan dilaksanakan secara terpusat oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Ini sesuai arahan Presiden dikerjakan oleh Kementrian PU RI. Tugas penjabat hanya sebatas mempersiapkan RC yang sudah lengkap,” ujar Pj. Gubernur Provinsi Papua Selatan Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo,ST.,MT kepada wartawan kemarin.

Di sisi lain, untuk pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), dua instansi yakni Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua Selatan dan Balai Wilayah Sungai Papua – Merauke sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Untuk SPAM nya juga sudah siap, ada dua instansi yang mengerjakan,” ungkap Pj. Gubernur Safanpo. Sebagai informasi, Readiness Criteria (RC) adalah prasyaratan yang harus dipenuhi oleh Pemerintah daerah dan DPRD dalam mengusulkan dibangunnya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di daerahnya, sehingga dengan dipenuhinya Dokumen Readines Criteria (RC) tersebut berarti Pemerintah daerah telah siap untuk mengajukan usulan Pembangunan SPAM. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *