20 Juni 2024

Aplikasi Mobile JKN, Mudah dan Bermanfaat

0

Merauke, PSP – Hari ini, kita hidup di era dimana teknologi menjadi kunci utama untuk memudahkan berbagai aspek kehidupan, termasuk pada akses terhadap layanan kesehatan. Salah satu terobosan terkini dari pemerintah yang telah merubah paradigma akses kesehatan adalah program mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Aplikasi ini telah mengubah cara masyarakat terhadap pengelolaan dan pengoptimalan kesehatannya. Sejak diluncurkan, Aplikasi Mobile JKN telah menjadi teman setia bagi masyarakat Indonesia dalam menjaga kesehatan mereka.
Arlisa (23) merupakan salah satu dari sekian banyak pengguna Aplikasi Mobile JKN. Lisa, sapaan akrabnya saat ditemui oleh tim Jamkesnews, ia berbagi pengalaman luar biasanya saat menggunakan Aplikasi ini. “Sejak mengenal Aplikasi Mobile JKN, merubah pula cara saya dalam mengelola Kesehatan. Aplikasi ini memudahkan hidup. Saya merasa puas atas berbagai manfaat dan kemudahan yang terdapat pada fitur-fitur di Aplikasi Mobile JKN”, Ujarnya.
Salah satu fitur utama yang menjadi daya tarik adalah kemudahan akses informasi. Dengan sekali sentuhan layar, pengguna dapat memeriksa status kepesertaan, melihat riwayat klaim, dan bahkan mengetahui informasi seputar rumah sakit atau klinik terdekat yang bekerja sama dengan program ini.
“Wah, saya benar-benar terkesan dengan berbagai kemudahan yang telah ditawarkan oleh Aplikasi Mobile JKN. Saya merasakan hal yang berbeda, mulai dari cara pengaksesan aplikasi yang cepat, kemudahan akses ke informasi Kesehatan. Ini sangatlah berarti bagi saya”, Ujarnya.
Satu fitur yang sangat membantu adalah kemampuan pengguna untuk memeriksa status kepesertaan mereka. “Dulunya, saya harus datang langsung ke kantor BPJS untuk memeriksa status kepesertaan saya atau mencari informasi terkait dengan status kepesertaan saya. Sekarang, dengan adanya Aplikasi Mobile JKN, sekali sentuhan layar di smartphone, semua informasi itu bisa saya dapatkan. Ini sangat menghemat waktu dan tenaga”, ujarnya.
Aplikasi ini juga sangat membantu ketika ia sewaktu-waktu membutuhkan layanan kesehatan. “Salah satu fiturnya yakni adanya kartu digital. Saya bisa mendaftar rawat inap layanan kesehatan tanpa harus memperlihatkan kartu JKN fisik. Bahkan saya bisa konsultasi medis dengan dokter tanpa harus antri atau menghadapi proses administratif”, ujarnya.
Selain kartu JKN Digital, Ia juga merasa terbantu dengan adanya informasi seputar kesehatan. Dengan fitur tersebut, ia bisa mendapatkan pengetahuan baru seputar tips dan trik pola hidup sehat
“Banyak sekali artikel menarik yang disematkan dalam Aplikasi Mobile JKN dan tentunya hal tersebut akan memberikan manfaat pengetahuan kepada peserta JKN. Saya sering menyempatkan untuk membaca artikel yang ada pada aplikasi Mobile JKN untuk menambah wawasan dan informasi yang disampaikan dalam aplikasi tersebut juga sangat jelas dan tentunya ini membantu saya”, ucapnya.
Secara keseluruhan, ia menilai bahwa dengan adanya Aplikasi Mobile JKN membuat semuanya lebih mudah, terutama dalam hal pelayanan Kesehatan, mengingat banyaknya kemudahan, membuat pelayanan menjadi cepat dan tepat.
“Aplikasi ini membuat layanan Kesehatan serasa ada digenggaman, Ketika butuh informasi maupun pengaduan keluhan, saya tinggal buka aplikasi ini”, tambahnya.
Ia memiliki harapan bahwa kedepannya beragam inovasi dan transformasi terkait layanan Kesehatan tetap digencarkan dan diinformasikan lebih baik lagi sehingga masyarakat yang belum tau bisa cepat mengetahuinya. “Penting untuk BPJS bekerjasama dengan pemerintah agar lebih bisa mengedukasikan kepada Masyarakat luas. Saya meyakini bahwa Aplikasi Mobile JKN akan memberikan dampak yang signifikan bila dikelola dan dimanfaatkan dengan baik pula” pungkasnya.(Jamkesnews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *