18 Juni 2024

Pj. Gubernur Safanpo Optimis Menang dalam Sidang Gugatan Penetapan Calon MRP Selatan

0

Dr. Ir. Apolo Safanpo,ST.,MT

Merauke, PSP – Pj. Gubernur Provinsi Papua Selatan optimis memenangkan gugatan yang dilayangkan panitia pemilihan MRP Selatan kabupaten Merauke dan Boven Digoel di PTUN Jayapura.

Sebagaimana diketahui panpil kedua kabupaten itu menggugat keputusan Pj. Gubernur Papua Selatan mengenai nama – nama MRP Selatan yang sudah diusulkan ke pemerintah pusat.

Hal itu sebagaimana disampaikan Asisten III Setda Provinsi Papua Selatan Sunaryo kepada wartawan di Swiss – Bell Hotel, Senin (16/10).

“Untuk gugatan di pak Asisten 1 dan Biro hukum. Pasti segala sesuatu sudah disiapkan,” kata Sunaryo.

Menurutnya, berbicara mengenai MRP adalah soal adat  sehingga gugatan yang dilayangkan itu dianggap salah sasaran.

“Bisa dibilang salah sasaran lah, karena ini -Government to Government- bicara tentang MRP kan lingkup adat, kalau pemerintahan masuk kedalam dari sisi ada over lay artinya salah kamar,” tutur Sunaryo.

Dengan begitu, lanjut Sunaryo, maka akan muncul pertanyaan mengenai adanya kepentingan. Karena menurut hematnya, yang selayaknya menggugat adalah peserta.

“Muncul pertanyaan ada kepentingan apa, harusnya menggugat kan peserta, lagipula proses itu kan belum final, namanya gugatan kan suratnya sudah final dulu, kalau ini kan pemerintah masih mengusulkan, bisa saja diterima bisa saja diganti,” terangnya.

Maka itu, Pj. Gubernur Safanpo yakni mampu memenangkan gugatan tersebut. “Bapak Gubernur dengan yakin dan optimis beliau akan menangkan gugatan, sangat optimis,” tutup Sunaryo. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *