21 April 2024

Produksi Beras di Beberapa Daerah Merauke Mulai Meningkat

0

Merauke, PSP – Kondisi cuaca yang mulai memasuki musim kemarau di tahun 2023 ini memberikan harapan bagi petani untuk hasil produksi pertanian yang meningkat dibandingkan 3 tahun sebelumnya dengan kondisi cuaca hujan.

Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Merauke, Sukarmin mengatakan bahwa musim kemarau yang terjadi di kabupaten Merauke sudah mulai berdampak positif terhadap lahan pertanian khususnya padi di beberapa daerah di Merauke.

“ Tapi saya melihat di Kurik 6 kemarin pertumbuhannya sudah lumayan bagus disana, sudah diatas 50 karung per hektar itu sudah lumayan bagus, sudah mulai meningkat di beberapa tempat,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (12/9).

Namun begitu, masih daerah yang hasil padinya belum maksimal diantaranya di daerah Semangga dan Tanah Miring. Sukarmin mengungkapkan bahwa penyebabnya adalah hama dan penyakit yang masih menyerang tanaman sehingga pertumbuhan tanaman tidak maksimal.

“ Kalau masalah kekeringan tidak ada dampak terhadap pertumbuhan tanaman,tapi karena memang khususnya di kawasan Semangga Tanah Miring masih ada yang terserang hama penyakit,” ungkapnya.

Namum begitu dirinya optimis di musim tanam tahun depan kondisi tersebut bisa mulai membaik karena dengan musim kemarau ini membuat lahan menjadi lebih subur.

“ Mungkin musim tanam rendeng dampaknya sangat bagus karena ini tanahnya sudah kering sekali, karena memang dimana kalau panas sudah mulai pecah-pecah nanti akan meningkatkan kesuburan lumayan bagus,” pungkasnya.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *