21 Juni 2024

Bulog Salurkan CBP untuk Bantuan Pangan Beras Tahap 2 di Papua Selatan

0

Penyaluran CBP untuk program bantuan pangan beras di provinsi Papua Selatan, Senin (12/9).

Merauke, PSP – Bulog Merauke kembali menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk program Bantuan Pangan Beras di wilayah Papua Selatan.

Kepala Bulog Merauke, Firman Mando mengatakan program bantuan pangan beras ini dilakukan atas penugasan pemerintah melalui Badan Pangan Nasional berdasarkan surat Nomor 209/TS.03.03/K/9/2023 tertanggal 4 September 2023 perihal percepatan penyaluran cadangan pangan pemerintah dalam rangka bantuan pangan beras.

Firman menjelaskan bantuan pangan beras tahap 2 ini diberikan untuk jangka waktu alokasi bulan September, Oktober dan November 2023, 3 bulan alokasi ini sama dengan pemberian tahap pertama. Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini akan memperoleh 10 kilogram per bulan sehingga setiap KPM akan mendapatkan 30 kg untuk 3 bulan alokasi.

Sedangkan untuk jumlah KPM yang ditetapkan oleh kementerian Sosial untuk program bantuan pangan beras di wilayah provinsi Papua Selatan sebanyak 50.087 KPM.

“ Kuantum beras yang akan kita siapkan untuk 1 bulan alokasi yaitu kurang lebih 500.870 Kilogram, ini disiapkan untuk 3 bulan jadi total untuk 3 bulan alokasi itu sebesar 1.502.610 Kilogram,” jelasnya.

Khusus untuk kabupaten Merauke, KPM sasarannya sebesar 19.555 KPM, jumlah kuantum beras yang disiapkan sebanyak 195.550 Kilogram, dikali 3 bulan alokasi totalnya sebanyak 586.650 Kilogram.

Dengan adanya program ini merupakan kehadiran pemerintah dalam memberikan perhatian bagi masyarakat di tengah-tengah adanya fluktuasi harga beras.

“ Dan ini merupakan salah satu instrumen untuk menangani tekan inflasi di daerah,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan,S. Sos mengatakan pemerintah mengapresiasi langkah cepat Bulog Merauke untuk menekan inflasi dengan memberikan bantuan pangan beras kepada masyarakat.

“ Kami apresiasi ke Bulog Merauke dimana sebagai mitra pemerintah dari pusat sampai daerah telah melaksanakan tugas sebaik-baiknya dimana selalu membantu masyarakat kita dalam kesulitan pangan terutama atas penyaluran tahap kedua bantuan pangan beras ini. Ini langkah yang sangat tepat dimana kondisi masyarakat kita yang notebene mempunyai makanan pokok yaitu beras,”

Penyaluran CBP untuk program bantuan pangan beras di wilayah Papua Selatan ditandai dengan pelepasan truk pengangkut beras dari gudang Bulog Merauke oleh Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan,S. Sos.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *