14 Juni 2024

Pj. Bupati Mappi Buka Pasar Malam dan Hiburan Rakyat Semarakan HUT RI Ke-78

0

Saat Pembukaan Pasar malam. Foto: PSP/RADE

Mappi, PSP – Penjabt Bupati Mappi, Michael R. Gomar, S.STP.,M.Si membuka kegiatan pasar malam dan hiburan rakyat dalam rangka memeriahkan HUT RI ke – 78 tahun 2023 yang berlangsung dikawasan taman kota Kepi, Senin (7/8/2023) malam.

Pembukaan pasar malam dan  hiburan rakyat dihadiri oleh ribuan  masyarakat di Kabupaten.

Pj Bupati Mappi, Micahel Gomar dalam sambutannya mengatakan moment 17 agustus ini menjadi moment untuk melakukan refleksi terhadap seluruh tugas dan tanggungjawab bersama, mulai dari Pemerintah Daerah,TNI/Polri dan juga kepada seluruh warga masyarakat.

“Refleksi ini agar kita bisa melihat kembali bagaimana perjuangan para pejuang untuk memperebutkan kemerdekaan. Dan sekarang sudah memanamkan dasar yang kuat kepada kita yang terus melanjutkan perjuangan ini dalam tugas dan tanggungjawab kita masing -masing.

Sebagai pejabat Pemerintah Daerah, sebagai TNI/Polri, mari kita refleksikan diri sama -sama, apakah kita sudah mengisi perjuangan ini dengan tugas dan tanggungjawab kita untuk melakukan pelayanan yang baik kepada masyarakat,”ungkapnya.

Dikatakan Pj Bupati moment ini menjadi refleksi terhadap tanggungjawab moril kita sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tanggungjawab tersebut melalui pelayanan pembangunan kepada masyarakat. Cukup banyak tanggungjawab yang dilakukan yakni, pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan, pelayanan pembangunan infrastruktur dan semua ini membutuhkan dukungan dari seluruh warga masyarakat.

“Pada kesempatan yang baik ini saya memberikan pesan kepada kita semua untuk melakukan refleksi terhadap diri kita masing -masing. Apakah kita sudah mengisi kemerdakaan ini yang nantinya akan menjadi Legacy buat anak cucu kita di tahun mendatang,”terangnya.

Pj Bupati menuturkan, saat ini dengan perkembangan zaman, kemajuan era teknologi digitalisasi keterbukaan informasi, pemerintah daerah tidak bisa lagi menutup mata terhadap seluruh perkembangan, kemajuan, kritikan, anacaman,tantangan yang disampaikan oleh warga masyarakat.

“Saya berharap bapak/ibu sebagai pejabat pemerintah lebih peka, lebih respon, lebih aktif, lebih cepat untuk menanggapi dan membaca tantangan -tantanggan kita kedepan,keterbukaan informasi yang ada kritikan baik yang konstruktif maupun yang negatif harus bisa mengantisipasi itu dengan baik. Ini era keterbukaan informasi, kita tidak bisa lagi menutup diri apalagi perkembangan pemerintahan yang juga sangat dinamis maka bapak/ibu dan seluruh masyarakat harus berkembang,”tegasnya.

Lebih jauh Pj Bupati menerangkan, dengan keterbukaan informasi ini, maka masyarakat bisa mengetahui seluruh perkembangan pelayanan pemerintahan.

Pelayanan kepada maayarakat juga harus cepat karena disitulah bapak/ibu mengisi kemerdakaan. Tidak bisa lagi menungu arahan, perintah, petunjuk dalam memberikan pelayanan yang lebih kepada maayarakat.

“Saya berharap moment 17 agustus ini kita bangkit bersama bukan hanya slogan bangkit dalam infrastruktur. Tetapi slogan bangkit dengan taglinenya itu bangkit dimana membangkitkan manusia yang satu dengan yang lain. Saling mendukung saling memberikan koreksi yang membangun,”tuturnya.

Pj Bupati menyebutkan, dalam rangka menyambut HUT RI ke 78 juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan mulai dari pembukaan pertandingan dan perlombaan yang sudah berlangsung  serta mempersiapkan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan yakni, Karnaval, Mappi Eksplore tour, pembentangan 78 meter bendera merah putih, rekor muri pembentangan 5.000 meter kain merah putih diatas rawa.

Sementara untuk malam resepsi kenegaraan direncanakan pada malam tanggal 18 agustus, karena pagi harinya akan dilaksanakan pembentangan 5.000 meter kain merah putih diatas rawa dan nantinya juga akan dimemeriahkan oleh beberapa artis yang diundang untuk memberikan suasana hiburan kepada masyarakat.

Pj Bupati menambahkan pada tanggal 18 agustus malam bersamaan dengan acara resepsi kenegaraan. Pemerintah daerah  akan mengundang para mantan bupati di Kabupaten Mappi, para tokoh-tokoh masyarakat yang sudah berjuang sehingga melahirkan Kabupaten Mappi.

“Kita akan hadirkan mereka dan kita akan memberikan apresiasi, karena mereka sehingga kita bisa ada disini. Karena mereka kita bisa berdiri diatas tempat ini. Hasil perjuangan dan kerja keras mereka sehingga sekarang kita bisa melihat perkembangan kabupaten Mappi. Kita melakukan perubahan pembangunan membutuhkan waktu, kita tidak perlu menjatuhkan satu dengan yang lain, tidak perlu mencari kesalahan satu dengan yang lain. Tetapi mari kita bergandengan tangan bersatu membangun Kabupaten Mappi,” sebutnya.

Dikesempatan yang sama koordinator bidang pasar malam dan panggung hiburan rakyat, Marice Raimu mengatakan pasar malam dan hiburan rakyat akan berlangsung mulai tanggal 07 – 18 Agustus yang berlangsung di kawasan taman kota kepi.

Dikawasan pasar malam dan hiburan rakyat masyarakat bisa menjajakkan kuliner -kuliner lokal khas Mappi dan kuliner nusantara. Para pengunjung dipasar malam juga akan dihibur oleh band lokal yang ada di Kabupaten Mappi.

Ia menuturkan, panitia telah saat ini telah menyiapkan 63 lapak bagi para pelaku UMKM dengan rincian 34 lapak untuk UMKM mama Papua, 21 Lapak UMKM Nusantara, 4 lapak untuk komunitas geraja dan 4 lapak untuk pedagang campuran.

Selain itu untuk hiburan rakyat selama pasar malam berlangsung akan dihibur oleh sebanyak 7 band lokal yang ada di Kabupaten Mappi. [RADE-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *