27 Juli 2024

Kabag Perekda Kenalkan Kopi Merauke di Acara AOE 2023

0

Kabag Perekda Fransiskus Ciwe di acara AOE 2023. Foto: PSP/JON

Merauke, PSP – Kepala Bagian Perekonomian Daerah Fransiskus Ciwe,SE memperkenalkan kopi asal Merauke – Muting Liberika Yeinan produksi UMKM Rumah Kopi D’Waroeng

pada acara bergengsi Apkasi Otonom Expo (AOE) 2023 yang diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD di Tangerang, Minggu (23/7).

Acara yang mengusung tema  Meningkatkan Jejaring Pasar Global Untuk “Daerah Yang Lebih Kuat” turut dihadiri dan dibuka Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Dalam kesempatan itu, Ciwe mengatakan penting upaya untuk memajukan produk lokal seperti kopi Liberika Yeinan asal Merauke.

“Dengan meluncurkan kopi ini di AOE 2023, Kabupaten Merauke berharap dapat mengeekspor kopi dan mendapatkan tempat di kancah internasional,” kata Ciwe dalam keterangan tertulisnya kemarin.

Selain itu, sambungnya, acara AOE juga menjadi kesempatan bagi para pengusaha kopi dan petani di Kabupaten Merauke untuk menjalin kerja sama dan memperluas jaringan bisnis.

“Dukungan dari pemerintah daerah dan partisipasi aktif masyarakat diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui sektor kopi,” ujar dia.

Dikatakan dia, kopi Liberika Yeinan mendapat respon yang sangat positif dari pengunjung AOE 2023.

“Banyak yang menyatakan kagum dengan rasa dan kualitas kopi ini, sehingga berpotensi menjadi primadona baru dalam industri kopi di Tanah Air,” katanya.

Menurutnya, peluncuran kopi Liberika Yeinan di AOE 2023 menjadi momen bersejarah bagi Kabupaten Merauke, karena menandai langkah maju dalam mengangkat potensi produk lokal ke tingkat nasional dan internasional. “Semoga, kehadiran kopi Liberika Yeinan dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah dan bisa mengikuti jejak kopi robusta Muting yang sudah di kenal menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Ciwe. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *