14 Juni 2024

Progres Kegiatan Masih Rendah, Bappeda Gelar Monitoring Meja

0

Pelaksanaan Monitoring Meja yang digelar Bappeda Litbang Merauke, Kamis (20/7). Foto: PSP/JON

Merauke, PSP – Pemerintah Daerah (Pemda) Merauke melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Merauke melakukan monitoring meja terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda Merauke, Kamis (20/7).

Seperti diketahui bahwa monitoring meja merupakan bagian dari fungsi pengawasan untuk mengetahui sejauh mana progres OPD dalam kegiatan belanja dan sub kegiatan yang sementata dikerjakan di tahun ini.

Kepala Bappeda Litbang Merauke, Rino Tahiya mengatakan bahwa sesuai dengan ketentuan bahwa setiap tanggal 10 bulan berjalan itu OPD sudah harus memasukan laporan realisasi kepada Bupati cq Bappeda Litbang dan hingga pertengahan tahun ini laporan OPD terhadap realisasi belanja kegiatan masih rendah.

” Sampai dengan hari ini hasil evaluasi untuk masing-masing OPD terhadap laporan itu masih rendah, dengan demikian mempengaruhi progres yang kita dapatkan di hari ini, tadi saya sampaikan bahwa hari ini progres kita baru 14,94 persen. Tapi ini bukan murni memang betul-betul bahwa real kita sampai dengan 30 Juni itu 14,94,” katanya kepada wartawan di kantornya, Kamis (20/7).

Untuk itu dirinya melakukan monitoring meja agar data-data tersebut dapat diclearkan karena masih banyak OPD yang belum memasukan laporannya.

” 2 hari monitoring meja ini mereka bisa melaporkan secara real bahwa memang sampai 30 Juni itu laporan mereka sudah sampai sejauh mana. Masih banyak OPD, Distrik dan Kelurahan yang belum menyampaikan laporannya, harapannya hari ini kita bisa dapat data real itu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rino mengungkapkan jika hitung-hitungan paling tidak minimal diatas 40 persen bisa dapat terealisasip pada semester pertama tahun ini, tapi juga dirinya menyadari sampai dengan bulan 6 ini biasa kegiatan fisik itu yang paling banyak mengalokasikan anggaran lebih besar dan sampai dengan bulan 6 ini kegiatan fisik baru rata-rata baru memulai aktivitas dan pasti progres itu akan berlangsung nanti pada semester kedua atau pada triwulan keempat nanti pasti progres itu akan meningkat signifikan karena pasti di triwulan terakhir itu kegiatan fisik itu sebagian besar sudah bisa dilaksanakan.

Untuk itu monitoring meja ini guna mengetahui kendala-kendala OPD terkait progres kegiatan di masing-masing OPD tersebut.

” Supaya kita bisa tahu juga dari OPD kendala apa yang mereka hadapi terkait laporan ini. Setelah kita melakukan monitoring meja ada solusi ada yang bisa kita buat untuk menggenjot untuk mempercepat progres yang kita laporkan,” pungkasnya.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *