24 Juni 2024

Berantas Buta Aksara, Satgas Yonif 125/SMB Ajarkan Calistung Kepada Anak Papua

0

Mappi, PSP – Guna memberantas buta aksara, Pos Karowai Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 125/SI’MBISA  di wilayah Mabul Buluanop, Kabupaten Asmat, Papua Selatan. Memberikan pelajaran membaca, menulis dan berhitung kepada anak-anak berada di sekitar Pos. kamis (13/7/2023).

Dalam rilis tertulisnya pada Jumat (14/7/2023). Wadanpos Karowai, Letda Inf Yafrizal mengatakan, buta aksara masih menjadi salah satu masalah yang terjadi di Indonesia, khususnya di Papua.

Angka buta huruf yang masih tinggi disebabkan terbatasnya sarana pendidikan dan tenaga pendidik.

“Untuk itu momentum ini dilakukan dengan tujuan mengurangi permasalahan buta huruf di Papua, khususnya di wilayah Mabul,” ujarnya.

Kegiatan ini dilakukan juga sebagai upaya untuk menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat agar mereka tidak mudah dipengaruhi oleh ideologi atau paham-paham yang menginginkan Papua memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu, Serka Manullang yang memimpin pelaksanaan kegiatan itu, menuturkan bahwa kegiatan belajar ini selain diberikan kepada anak anak, personel satgas juga mengajarkan para remaja bahkan dewasa yang belum bisa membaca dan menulis serta berhitung.

“Hal ini rutin kami lakukan setiap seminggu sekali, harapan kami agar masyarakat bisa menulis, membaca dan berhitung, sehingga dapat membuka wawasan pengetahuannya,” Pungkasnya. [RADE-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *