14 Juni 2024

Pertamina Telusuri Supply BBM Bersubsidi yang Dijual di POM Mini

0

Sales Branch Manager Rayon III Papua PT Pertamina, Anwar Hidayat.

Merauke, PSP – Saat ini di Merauke semakin marak ditemukan penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite yang dijual menggunakan dispenser-dispenser atau POM-POM mini.

Menanggapi hal tersebut, Sales Branch Manager Rayon III Papua PT Pertamina, Anwar Hidayat menegaskan bahwa POM-POM mini ini bukan merupakan lini usaha yang terhubung dengan Pertamina melainkan ilegal.

“ Kami perlu menyampaikan bahwa POM mini ini tidak terafiliasi dengan Pertamina sama sekali, jadi tidak ada keterkaitannya dengan pihak Pertamina. Kalau dari bisnis anak perusahaan kami yang untuk retail itu SPBU dan Pertashop, itu ada standarisasi dari kita, ada ijin-ijin lengkapnya juga dan sudah melalui kajian teknis,” katanya kepada media ini di kantornya, Selasa (11/7).

Pertamina sangat menyayangkan maraknya penjualan BBM bersubsidi secara eceran dengan harga yang relatif tinggi, karena dengan adanya POM mini semakin banyak orang yang menjual BBM subsidi tapi ilegal karena menjual kembali BBM Subsidi itu tidak diperbolehkan.

Selain itu, Pertamina meragukan terkait dengan Tera ketepatan takaran, ukuran dan kualitas BBM yang dijual karena tidak ada tanda dari Pertamina termasuk juga safety atau keamanan apalagi seperti yang pernah kejadian di bulan April lalu di Semangga sempat kejadian kebakaran kios penjual BBM Eceran juga.

Pihaknya juga tengah mencari tahu darimana penjual eceran BBM subsidi ini mendapatkan produk Pertalite, termasuk mendalami indikasi BBM ilegal yang masuk ke kabupaten Merauke.

“ Supply dari POM mini saya juga kurang mengetahui darimana, namun ada indikasi mereka antri ke SPBU dan ada indikasi juga dari tempat lain yang kita juga masih cari tahu terkait supply-nya POM mini ini dari mana,” jelasnya.

Pihaknya juga mendukung penuh seluruh pihak terkait untuk bisa menertibkan penjualan BBM subsidi secara eceran tersebut, terlebih saat ini masih terjadi antrian BBM Bersubsidi terutama jenis Pertalite di SPBU.

“ Kita dukung Pemda untuk menertibkan POM mini ini karena telah menjual kembali BBM Subsidi,” pungkasnya.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *