22 Februari 2024

Operasi Patuh Cartenz 2023, Kapolres : Anggota harus bisa menjadi contoh

0

Kapolres Merauke menyematkan pita tanda peserta untuk Ops Patuh Cartenz di Mapolres. Foto: PSP/FHS

Merauke, PSP – Anggota Polres Merauke akan mulai ditertibkan mulai dari kelengkapan kendaraan agar dapat menjadi contoh ke masyarakat. Anggota harus memberikan contoh yang baik  sebelum menertibkan masyarakat.

Demikian penegasan Kapolres Merauke, AKBP Sandi Sultan memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Cartenz 2023 di Mapolres Merauke, kemarin. Kepolisian Republik Indonesia secara serentak melaksanakan Ops Patuh 2023, mulai 10 hingga 23 Juli 2023 dengan tema “ Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa.

Anggota Polri, kata Kapolres, harus memberikan pelayanan yang baik ke masyarakat  agar masyarakat tertib berlalu lintas dan sadar. Dengan demikian, angka kecelakaan di wilayah hukum  Polres Merauke bisa ditekan.

“Saya tidak mau ada anggota naik motor tidak pake helm dan jangan sampe ada kecelakaan,” tegasnya.

Ops Patuh Cartenz itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tertib berlalulintas sekaligus menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas).

Sementara sambutan Kapolda Papua menekankan ada 7 point penting. Yang pertama,  pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara, Pengemudi atau pengendara ranmor yang masih di bawah umur, pengemudi atau pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari 1 orang. Keempat pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi atau pengendara ranmor yang tidak menggunakan safety belt. Kelima, pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol. Kemudian, pengemudi atau pengendara ranmor yang melawan arus dan terakhirpengemudi atau pengendara ranmor yang melibihi batas kecepatan. Personil yang terlibat diminta mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, kemudian didukung pola gakkum lantas secara elektronik.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *