12 April 2024

Data Kependudukan di Sistem Otomatis Beralih ke Provinsi Papua Selatan

0

Yustina Regina Kamisopa

Merauke, PSP – Hadirnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Selatan tentunya mengubah data kependudukan masyarakat di kabupaten Merauke yang sebelumnya provinsi Papua sekarang beralih menjadi warga provinsi Papua Selatan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Merauke, Yustina Regina Kamisopa mengatakan bahwa didalam sistem kependudukan, data penduduk sudah beralih dan tercatat menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Selatan.

“ Terkait dengan data kependudukan itu otomatis sudah berubah di sistem hanya masih ada masyarakat kita yang masih memiliki KTP Papua, tetapi sesungguhnya di sistem itu sudah berubah,” katanya kepada wartawan belum lama ini.

Hanya saja, jelasnya, masyarakat perlu datang dan melapor untuk perubahan dokumen fisik sesuai dengan DOB yang saat ini.

Namun, untuk saat ini pihaknya mengakui ketersediaan blangko KTP kosong, sehingga masyarakat diminta bersabar untuk pencetakan KTP fisiknya mengingat pemerintah pusat telah mengurangi penggunaan KTP fisik dan beralih ke KTP digital.

“ Saat ini posisi kami blangko kosong dan kami sudah terus mengkomunikasikan dengan pusat, mudah-mudahan kedepan kami akan memperoleh. Memang seluruh Indonesia bagian ini (Blangko) dikurangi karena dianjurkan kepada Dukcapil di seluruh Indonesia untuk mengarahkan masyarakat menggunakan KTP digital,” pungkasnya.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *