18 April 2024

48 Siswa OAP Dibawa ke 4 Provinsi Ikut Program ADEM

0

Siswa – siswi yang bakal diberangkatkan untuk ikuti program ADEM. Foto: PSP/ERS

Merauke, PSP – Sebanyak 48 orang siswa – siswi dari Provinsi Papua Selatan dibawa ke Pulau Jawa dan Provinsi Bali guna mengikuti program ADEM (Afirmasi Pendidikan Menengah).

Advertisements
Advertisements

Dijadwalkan, ke – 48 siswa SMP dari empat kabupaten cakupan Papua Selatan ini akan berangkat Minggu 9 Juli 2023 besok.

Siswa – siswi yang seluruhnya orang asli Papua, langsung dijemput oleh guru – guru sekolah tujuan yang nantinya juga akan menjadi pengasuh mereka.

Advertisements
Advertisements

Ada 4 Provinsi ke – 48 siswa – siswi akan disebar, baik Banten, DIY, Jawa Timur dan Bali. Mereka akan mendapat pendidikan dari guru – guru jenjang pendidikan menengah selama 3 tahun.

Advertisements

“Kami harap mereka berangkat 48 orang, kembali pun 3 tahun kemudian 48 orang dengan hasil lulus,” ujar Sub Koordinator Program Afirmasi Pendidikan Menengah Kemendikbud Ristek Dwi Setya Permana di Halogen Hotel, Jumat (7/7).

Advertisements
Advertisements

Kata Permana, para orangtua tidak perlu khawatir akan anak – anak mereka yang akan bersekolah selama 3 tahu ln di 4 Provinsi tersebut. Sebab selain guru, mereka akan diawasi 24 jam oleh pengasuh.

“Mereka akan bersekolah di sekolah yang terakreditasi baik. Setelah lulus mereka kami daftarkan di jenjang perguruan tinggi kurang lebih 100 perguruan tinggi baik Negri maupun swasta dan tetap kami biayai,” lanjutnya.

Advertisements
Advertisements

Permana melanjutkan, anak – anak tersebut akan dibiayai sebesar Rp. 2.000.000 per bulan yang termasuk didalam biaya tempat tinggal.

“Itu nantinya termasuk biaya tempat tinggal, kami akan salurkan melalui sekolah, kalaupun ada asrama di sekolah yang dituju mereka akan diasramakan,” kata Permana.

Advertisements
Advertisements
Advertisements

Ditempat yang sama, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Selatan Aloysius Jopeng berpesan kepada siswa – siswi agar tidak putus ditengah jalan dalam mengetam pendidikan dimaksud. “Sedapat mungkin kalian menyesuaikan diri ditempat belajar. Jangan putus ditengah jalan, kalian adalah harapan daerah ini,” pesan Jopeng. [ERS-NAL]

Advertisements

Advertisements
Advertisements
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *