13 April 2024

10 Anak SD Mappi Audiensi Bersama Presiden RI Jokowi

0

Para Siswa SD Saat Audiens Bersama Presiden RI. Foto: PSP/RADE

Mappi, PSP – Dalam rangkaian kunjungan kerja di Papua selama beberapa hari, Presiden Joko Widodo bertemu dengan anak-anak pelajar Papua di Ballroom Cenderawasih, Swiss-Belhotel, Kota Jayapura, Provinsi Papua pada Jumat, 7 Juli 2023. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi memberikan kuis matematika berhadiah sepeda.

Kuis diikuti puluhan anak-anak terpilih yang mengikuti program pelatihan berhitung dengan metode GASING atau Gampang Asyik dan Menyenangkan dari berbagai daerah. Salah satunya dari Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan yang mengutus 10 orang anak dan didampingi langsung oleh Pj Bupati Mappi, Michael Rooney Gomar, S.STP., M.Si.

Momen perjumpaan dengan Presiden Jokowi itu merupakan kesempatan emas bagi anak-anak untuk unjuk kebolehan berhitung. Bahkan anak-anak juga mengajukan beberapa pertanyaan yang dijawab langsung oleh Presiden Jokowi.

Para pelajar yang hadir pun tampak sangat antusias untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan Presiden Jokowi. Presiden Jokowi kemudian memberikan sejumlah pertanyaan hitung-hitungan, mulai dari penambahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian.

“Saya ingin tes kemampuan anak-anak untuk berhitung. Nanti yang jadi jurinya biar Profesor Yohanes. Ini saya lihat anak-anak pintar-pintar banget,” ujar Presiden.

“Ya langsung, yang bisa jawab saya beri sepeda. Tapi saya enggak bawa sepeda, nanti saya kirim mungkin besok atau Senin bisa sampai ke sini karena Pak Presiden enggak bawa sepeda, baru ingat tadi malam. Hadiahnya sepeda tapi nanti dikirim sampai ke Membra (Mamberamo Raya), sampai ke Biak, sampai ke Sorong, kirim langsung saja,” imbuhnya.

Anak-anak antusias dan berebut menjadi yang pertama untuk menjawab. Ini membuat Presiden Jokowi terkagum-kagum akan perkembangan anak-anak Papua yang pintar dan berani tampil.

Di Kabupaten Mappi sendiri, pelatihan berhitung metode GASING baru pertama kali dilakukan. Setelah Pemkab Mappi bekerjasama dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya gagasan Prof Yohanes Surya.

“Sebagai wujud komitmen pengembangan numerasi maka Pemkab Mappi telah merencanakan anggaran untuk kegiatan Pembiasan Pelatihan Berhitung Metode GASING pada SD yang berada di distrik pedalaman pada APBD Perubahan Tahun Anggaran 2023,” ungkap Pj Bupati Mappi, Michael Gomar.

Pj Bupati mengungkapkan, total anggaran yang dialokasikan Pemda Mappi untuk Program Numerasi melalui kegiatan pelatihan berhitung cepat metode GASING sebesar Rp3.784.000.000. Anggaran ini untuk kegiatan pelatihan dan pengimbasan GASING di Kabupaten Mappi. [RADE-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *