24 Juni 2024

Papua Selatan Bakal Punya Kereta Api, Merauke – Boven Digoel 600 KM Siap Dibangun Rel

0

Nelson Sasarari

Merauke, PSP – Plt. Kepala Dinas Perhubungan Nelson Sasarari menyebutkan pemerintah Provinsi dalam hal ini Dinas Perhubungan tengah menyusun draf rencana pembangunan rel kereta api untuk Papua Selatan.

Draf susunan rencana, berkaitan pembentukan tim asistensi dari kementrian dan pemerintah Provinsi Papua Selatan untuk dibuatnya moda transportasi kereta api ini masih akan diserahkan ke Pj. Gubernur Papua Selatan guna mendapat persetujuan.

“Rencana ini untuk membuka isolasi transportasi material, rencana awalnya seperti itu. Kami coba menyiapkan transportasi Merauke – Boven Digoel. Ini drafnya yang sementara kami masih susun untuk ada tim asistensi dari kementrian dengan kami Provinsi. Untuk bagaimana harus duduk bersama memikirkan percepatan pembangunan rel kreta api. Setelah ini saya akan laporkan ke bapak Gubernur untuk persetujuan, dan tim ini bisa di setujui,” jelas Nelson Sasarari diruang kerjanya baru – baru ini.

Sasarari menyebut,pihaknya telah memiliki desain. Yang memang, rencana percepatan pembangunan dari pemerintah pusat untuk Papua Selatan ada item untuk pembangunan pengadaan moda transportasi kereta api di Papua Selatan.

“Jika tidak ada aral melintang tahun ini, maka tahun 2025 kita mulai konstruksinya.

Kami sudah ada desain. Bahkan secara nasional perencanaan untuk pembangunan rel kereta api di Papua Selatan itu ada,” sebutnya.

Diketahui, kata Sasarari, ada sepanjang 600 kilometer dari Merauke menuju Boven Digoel dan bakal ada 7 stasiun yang akan dilewati kereta api itu. “Tahun ini sudah bisa untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat begitupun kajian tentang rencana pemerintah dalam percepatan pembangunan rel kereta api di Papua Selatan. Fokus material, sebab kita tau soal material ini problem di Merauke,” kata dia. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *