8 Desember 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Tahun 2022, Disdukcapil Sediakan Aplikasi Mobile e-KTP

Kepala Disdukcapil Paino,SIP.MT

Merauke, PSP – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Merauke saat ini melakukan sosialisasi pada wilayah perkotaan melalui radio  dan sosialisasi ini lakukan satu tahun empat kali, juga di lakukan dengan menggunakan pamflet-pamflet, namun berkaitan dengan sosialisasi pada wilayah distrik-distrik dilakukan dengan menggunakan sistem Jemput Bola (JEBOL).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Merauke Paino, SIP. MT mengatakan, di wilayah perkotaan yang mayoritasnya orang asli papua, seperti di jalan onggatmit, gudang arang, belakang stadion maro dan beberapa tempat lainya, disdukcapil sering melakukan kunjungan untuk pendataan tentang pentingnya adminduk dan adminitrasi kependudukan, upaya ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus segala keperluan yang berkaitan dengan adminduk dan adminitrasi kependudukan.

“Hanya saja yang sering kami temui di lapangan adalah mereka bukan berdomisili pada willayah kabupaten merauke dan juga mereka yang memang benar-benar tidak mempunyai data kependudukan sama sekali, sehingga agak sulit untuk diproses data dirinya, dan juga proses pemindahan data penduduk ini bisa kami lakukan dengan menyurat pada daerah asalnya, namun kendala kami yakni harus mendapatkan persetujuan dari yang bersangkutan apakah dia ingin untuk di pindahkan atau tidak,” tutur Paino saat di temui di ruang kerjanya, Rabu (24/11/21).

Sambungnya, karena pentingnya data adminduk dan adminitrasi kependudukan ini akan memudahkan  kita ketika, kita ingin berobat, atau anak kita ingin sekolah, ingin tes TNI atau Polri, dan tes lainya. Di tahun 2022 disdukcapil akan upayakan menyediakan progaram aplikasi mobile e-KTP, untuk memudahkan kepengurusan adminduk dan admintrasi kependudukan di daerah pedalaman,  karena aplikasi mobile e-KTP ini juga mempunyai semua komponen adminduk dan adminitrasi kependudukan yang ril, mulai dari cetak KTP, KK, akte dan cetak lainnya.

“Harapan besar disdukcapil, agar pemerintah daerah dalam hal ini bupati kabupaten merauke bisa mendukung disdukcapil dengan adanya aplikasi mobile e-KTP, namun aplikasi mobile e-KTP ini hanya bisa di akses ketika diwilayah tersebut mempunyai jaringan internet, kedepannya jika ada kunjungan bupati merauke pada kampung-kampung, maka tim disdukcapil juga akan bersama bupati kunjungan dengan tujuan untuk memudahkan proses pembuatan data adminduk dan adminitrasi kependudukan pada masyarakat baik di wilayah kota maupun distrik,” pungkasnya. [RADE-NAL]

error: Content is protected !!