8 Desember 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Pertalite Eceran di Boven Digoel Tembus 25-30 Ribu per Liter

Antrian masyarakat untuk mendapatkan BBM di APMS Harapan. Foto: PSP/VER

Tanah Merah, PSP – Bahan Bakar Minyak (BBM) Jenis Pertalite dan Pertamax di Kabupaten Boven Digoel pada pedagang  eceran melambung naik hingga menembus Rp 25.000 hingga 30.000 per liter. Hal ini tentu sangat meresahkan masyarakat.

Ditambah lagi untuk membutuhkan BBM, masyarakat harus antri. Salah satu masyarakat Kabupaten Boven Digoel Markus mengatakan, kondisi tersebut sangat disayangkan. Apalagi menjelang  Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dirinya menduga ada penimbunan, sehingga harga eceran BBM bisa melambung tinggi.  “Jadi kemarin sebelum kelangkaan BBM ini, masyarakat sudah timbun. Ada juga yang mungkin dikirim ke lokasi penambangan,” ucap Markus saat ditemui di Terminal Hilux Tanah Merah, kemarin.

Sementara Kepala Dinas Koprasi Perdagangan dan perindustrian kabupaten Boven Digoel Maria Kabandum yang dikonfirmasi  mengakui  kelangkaan BBM yang sudah berjalan seminggu di Tanah Merah.

Menurut Maria sesuai dengan hasil laporan dari pemilik SPBU di Kabupaten Boven Digoel, kelangkaan BBM jenis Pertalite dan Pertamax di Boven Digoel disebabkan,  adanya peralihan BBM jenis Premium ke Pertalite dan Pertamax.

Ditambah lagi,  pasokan BBM dari Merauke ke Tanah Merah mengalami keterlambatan akibat cuaca itu yang menjadi penyebab utama. Syukurnya, Maria Kabandum  memastikan, dalam waktu satu dua hari ini kondisi BBM di kabupaten Boven Digoel akan kembali normal seperti semula, karena BBM yang diangkut melalui jalur suagai dan darat dalam perjalanan menuju kabupaten Boven Digoel.

“Kemarin saya sudah panggil para pemilik APMS, karena mereka juga terlambat mendapatkan pasokan dari Merauke, ditambah lagi dengan peralihan tadi, sehingga BBM yang dari Merauke ke tanah merah terlambat, namun dalam waktu sau dua hari ini BBM sudah kembali lancar. Kalau untuk kuota BBM kita di Boven Digoel ini mencukupi, hanya keterlambatan tadi,”pungkasnya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin. [VER-NAL]

error: Content is protected !!