7 Desember 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Lantamal XI Gelar Apel Pasukan Satgas Siaga Bencana Tahun 2021

Wadan Lantamal saat memimpin apel Pasukan Satgas Siaga Bencana di Mako Lantamal XI Merauke, Selasa (23/11). Foto: PSP/JON

Merauke, PSP – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana memasuki fenomena La Nina, Lantamal XI Merauke menggelar Apel Gelar Pasukan Satgas Siaga Bencana tahun 2021 di Mako Lantamal XI, Selasa (23/11).

Dalam sambutannya, Komandan Lantamal XI Brigjen TNI (Mar) Edy PrakosoPrakoso,  S. E yang dibacakan oleh Wadan Lantamal XI, Kolonel Laut (P) Hari Widjajanto, M.M mengatakan bahwa Lantamal XI membentuk Satuan Tugas (Satgas) penanggulangan bencana.

” Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa curah hujan yang meningkat akhir-akhir ini di wilayah kabupaten merauke  dan sekitarnya untuk mengantisipasi terjadinya bencana di tahun 2021, Lantamal XI telah membentuk satgas penanggulangan bencana yang bermarkas di mako Lantamal XI dengan kekuatan 175 personel, 2 unit perahu karet, 3 unit truk, 4 unit tenda pleton dan 2 unit mobil ambulance,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut juga dirinya menghimbau kepada seluruh personel satgas bencana ini disiagakan untuk membantu masyarakat bila sewaktu-waktu terjadi bencana di sekitar wilayah Kabupaten Merauke.

” Saya instruksikan kepada seluruh prajurit Lantamal XI dan personel  satgas bencana untuk tidak mennonaktifkan telepon selulernya,” katanya.

Pada akhir amanatnya, Danlantamal menekankan kepada seluruh Satgas untuk melaksanakan tugas selama masa siaga bencana.

” Laksanakan tugas dengan ikhlas, dedikasi yang tinggi, loyalitas, disertai semangat yang tinggi pula, laksanakan tugas dengan kewaspadaan tinggi guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Jaga kekompakan dengan satuan samping maupun instansi terkait untuk antisipasi dan cegah dini terhadap timbulnya bencana yang tidak kita inginkan bersama, optimalkan pendekatan dimasyarakat sehingga kehadiran satgas siaga bencana ini dapat dirasakan di tengah-tengah masyarakat dan hindari sikap arogan yang justru akan menghilangkan simpati dan empati masyarakat serta hindari penyimpangan dan pelanggaran sekecil apapun yang dapat merusak citra nama baik satgas siaga bencanabencana,” tutupnya.

Selain personel Lantamal XI Merauke, apel gelar pasukan Satgas siaga bencana dihadiri oleh satuan lain dan juga beberapa instansi terkait seperti TNI AD, AU, Polri, Basarnas, PMI dan juga Satpol PP, Damkar. [JON-NAL]

error: Content is protected !!