25 Oktober 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Karhutla Jadi Atensi Penting Dalam PON Papua

Kadis LH Merauke, Harmini

Merauke, PSP – Pemerintah berharap masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) selama kegiatan PON Papua berlangsung. Pasalnya, polusi udara akibat karhutla akan berpengaruh terhadap kegiatan PON di Klaster Meruake.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Hermini menekankan agar hal ini tidak terjadi di titik-titik rawan di beberapa distrik yang dekat dengan vanue bermotor dan sepak bola.

“PON ini Karhutla menjadi perhatian utama. Terutama untuk masyarakat saya menghimbau untuk tidak melakukan kegiatan membakar, terutama di Distrik Tanah Miring, Sota, Semangat,” terangnya di Swisbel Hotel, Jumat (24/9/2021).

Kesadaran manusia untuk tidak membakar hutan penting sekali diperhatikan. Menginggat, manusia menjadi aktor utama dibalik terjadinya kebarakan belakangan ini.

“Dari tahun ke tahun itu kan kebakaran disebabkan dua, karena manusianya dan karena alam. Alam ini sangat kecil, nah manusia ini suka membuang puntung rokok,” tambahnya.

Oleh karenannya, selain menaruh harapan, Harmini mengaku selama ini telah melakukan upaya-upaya preventif dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat. “Kita pencegahannya sosialisasi untuk tidak bakar membakar. Juga didukung dari polres, dari kodim dan taman nasional wasur,” pungkasnya. [WEND-NAL]

error: Content is protected !!