8 Desember 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Tingkatkan Pelayanan, Penghulu Dilatih

Pelatihan Penghulu oleh Kemeng Merauke. Foto: PSP/WEND

Merauke, PSP – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Merauke menggelar pelatihan bagi para penghulu, dan kepala Kantor Urusan Agama (KUA) yang berasal dari beberapa Distrik di Kabupaten Merauke, di Hotel Itese, Rabu (30/6/2021).

Kepala Seksi Bimas Islam, Minarni mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di masing-masing KUA.

“Ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan penghulu dalam pelayanan nikah, khususnya di Kabupaten Merauke. Kemudian agar pelayanan itu lebih prima dan mendapatkan indeks kepuasan masyarakat, terutama untuk Penghulu, Kepala KUA, dan P3M,” katanya, kemarin.

Dalam kegiatan ini, setidaknya diikuit oleh 20 peserta yang masing-masing adalah penghulu, kepala KUA, dan P3M dari 4 distrik, yaitu Distrik Merauke, Muting. Okaba yang berkedudukan di Kurik, dan KUA Distrik Jagebob.

Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan ini menurut Minarni yaitu tetang isbat dan hukum nikah yang dijelaskan oleh Kantor Pengadilan Agama dan persoalan berkas kependudukan oleh Dinas kepandudukan dan catatan Sipil. “Kalau dari pengadilan Agama itu menyangkut dispensasi nikah, kalau usia nikah belum mencukupi, dan juga mengenai isbat nikah. Untuk Catatan Sipil berkenaan dengan berkas-berkas di dalam pengurursan pernikahan, misalnya KTP dan KK,” pungkasnya. [WEND-NAL]

error: Content is protected !!