8 Desember 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Sempat “Lelah”, Alat PCR Kini Beroperasi Kembali

Direktur RSUD Merauke, dr Yenny Mahuze

Merauke, PSP – Alat Polymerase Chain Reaction (PCR) atau alat tes melekuler untuk covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke, pada akhir pekan lalu sempat mengalami beberapa ganguan, sehingga tidak bisa digunakan untuk melakukan tes sampel covid-19.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke, dr. Yenny Mahuze mengatakan bahwa alat PCR mengalami ganguan akibat digunakan tanpa jeda untuk 94 sampel setiap harinya. 

“Yang gangguan kemarin itu sebenarnya di pembacaan yang ketiga, jadi waktu ambil swab itu tidak masalah, ekstraksinya juga tidak masalah, Cuma waktu proses yang ketiga untuk pembacaan hasil, itu yang tidak bisa terbaca,” terangnya, di Hotel Halogen, Rabu (30/6/2021).

Namun demikian, Yenny mengaku bahwa saat ini alat PCR teleh kembali bisa beroperasi dengan dipandu langsung oleh teknisi dari Jakarta.

“Satu hari itu kita dipandu teknisi dari Jakarta, kemarin hari Senin 24 sampel, jadi bertahap, setelah itu 48 dan hari ini (Rabu 30/6) ada 96 yang akan diruning” sebutnya.

Selain itu, Yenny menambahkan, bahwa selama ini PCR digunakan untuk mengetes sampel pasien dengan kondisi ringan dan sedang. Sementara untuk kondisi yang kritis, maka sampel dites menggunakan alat Tes Cepat Molekuler (TCM) yang dapat menunjukan hasil lebih cepat, namun dengan jumlah sampel yang sedikit. “Untuk beberapa pasien di UGD yang kondisi kritis, itu kita lakukan dengan pemeriksaan TCM kembali. Dimana ada beberapa yang positif, tapi tidak terlalu banyak seperti yang kita lakukan dengan PCR,” pungkasnya. [WEND-NAL]

error: Content is protected !!