19 Juni 2024

Tingkatkan Pelayanan, DPM-PTSP Siap Luncurkan Website untuk Sistem Informasi Terintegrasi

0

Ir.Justina E. Sianturi M.Si

Merauke, PSP – Guna memberikan satu sistem informasi yang terintegrasi, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) sedang mengembangkan website untuk mepermudah pelaku usaha dalam memperoleh informasi perizinan.

Kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pitu (DPM-PTSP) Kabupaten Merauke, Ir Justina E. Sianturi M.Si, mengatakan bahwa jenis dan tahapan perizinan di DPM-PTSP memang sangat banyak. Sehingga membutuhkan satu platform yang bisa diakses oleh semua pelaku usaha sebelum melakukan perizinan.

“Kami membuat trobosan, tapi sementara belum sempurna, yaitu dalam bentuk website DPM-PTSP. Dimana, isi di dalam website memuat informasi-informasi tentang segalam macam bentuk perizinan. Sehingga orang dapat melihat dari website dan bisa mempelajari secara mandiri atau secara langsung dan kemudian bisa paham bagaimana standar operasional prosedur (SOP), persyaratan-persyaratan, dan mekanisme yang ada dalam pengusulan permohonan. Kemudian, ada juga standar pelayanan yang memuat berapa lama proses perizinan, bahkan dan mempersiapkannya berapa rupiah dalam peromohonan izin juga ada. Sehingga kita bisa menghitung dan mempersiapkannya sendiri,” kata Justina Kepada Papua Selatan Pos, di ruang kerjanya, Kamis (6/8).

Justina mengambahkan, bahwa ini merupakan murni produk internal milik DPM-PTSP Kabupaten Merauke. Menurutnya, produk ini sedang dalam tahap akhir penyempurnaan.

“Ini merupakan produk daerah, jadi lebih khusus miliki DPM-PTSP Merauke. Sebenarnya sudah ada, tapi belum dioperasionalkan, karena ada beberapa ketentuan seperti belum memuat informasi-informasi penting terkait dengan kebutuhan dari pemohon, atau masyarakat,” ungkapnya.

Apabila tidak ada aral melintang, ia menargetkan platform ini bisa selesai pekan depan dan bisa segera diluncurkan kepada pelaku-pelaku usaha. “Kalau tidak ada halangan, agenda kami itu minggu depan, karena tinggal mengisi yang masih kurang. Mudah-mudahan segera selesai, kemaren kami baru menyelesaikan SOP secara terintegrasi kepada seluruh stakeholder yang terkait didalamnya,” tandasnya. 

Justina menambahkan, nantinya segala informasi perizinan akan terkoneksi didalam website DPM-PTSP ini.  Sehingga, masyarakat akan memperoleh kemudahan-kemudahan dalam perizinan. “Kemi berharap kedepan semua bisa terkonek dan terkorelasi semua, sehingga ini bukan Cuma informasi, tetapi bisa menghubungkan beberapa aplikasi yang kita gunakan. Seperti OSS (Online Single Submission), Perizinan daerah yang totalnya ada 59 perizinan atau yang disebut sistem informasi terpadu (Sipadu). Kemudian masyarakat juga diberi ruang pengaduan, saran, sehingga kami juga ada flashback untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada pemohon,” sebutnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *