21 Mei 2024

Pengawasan Dana Desa, Gattang: Secara umum sudah baik, namun ada beberapa yang masih nakal

0

Drs. Irianto Sabar Gattang

Merauke, PSP – Inspektur Daerah Merauke, Drs. Irianto Sabar Gattang,   menilai bahwa pengelolaan dana kampung dan dana desa di Kebupaten Merauke sudah semakin membaik. Namun demikian, menurutnya masih ada beberapa oknum kepala kampung yang tidak transparan.

“Sudah sebagian besar dilakukan dengan baik dan benar, tapi tidak dipungkiri memang ada oknum-oknum yang nakal, meski tidak besar hanya segelintir saja. Mungkin karena tidak paham, dari pada aturan itu, makanya perlu ditingaktkan pemahamannya,” ungkapnya kepada wartawan di ruang kerjanya, belum lama ini.

Selaku Aparat Pengawasan Interen Pemerintah (APIP), Inspektorat senantiasa melakukan pemeriksaan, menurutnya ia menemukan beberapa kampung yang memeliki persoalan dan saat ini sedang dalam proses pembinaan. “Masih ada beberapa yang kita temukan, dan ini lagi kita bina,” ungkapnya.

Menurut Sabar, jika suatu kampung memanfaatkan anggaran dana kampung dengan baik, secara umum langsung bisa dilihat dari infastruktur yang bagus disekitar kampung. Apabila yang terjadi sebaliknya, maka bisa dipastikan kampung tersebut memiliki pengelolaan anggaran yang buruk.

“Ketika kita memasuki suatu kampung, kita sudah langusng bisa melihat apakah kerjanya bagus atau tidak. Karena dari segi bangunan, sarana-prasarana sudah bisa dilihat. Tapi kalau sebaliknya tidak tertata rapi, itu perlu dipertanyakan,” ujarnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *