14 Juni 2024

Jika Semua Punya Poskamling, Kriminalitas bisa Ditekan Sekecil Mungkin

0

AKBP Ary Purwanto,S.IK

Merauke, PSP –  Jika semua RT,RW maupun kampung mendirikan pos keamanan lingkungan (poskamling) di wilayah Kabupaten Merauke, diyakini bisa menekan angka kriminalitas hingga sekecil mungkin.  Keyakinan dan  kepercayaan itu disampaikan Kapolres Merauke, AKBP Ary Purwanto,S.IK, kepada Papua Selatan Pos, kemarin.

Maka itu, pihaknya menggelar lomba poskamling menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74, yang diikuti 11 poskamling di seputaran kota Merauke. Hal itu dimaksud untuk untuk menggerakkan masyarakat untuk peduli terhadap situasi keamanan di wilayahnya masing-masing. Artinya, tidak hanya mengandalkan kepolisian saja.

“Lewat lomba poskamlig kemarin, akan memicu RT/RT, kampung,  untuk mendirikan poskamling di lingkungan masing-masing,” ujarnya.

Salah satu warga Merauke juga mendukung apa yang disampaikan orang nomor satu di jajaran Polres Merauke tersebut. Menurutnya, poskamling, sangat memiliki peran dalam menjaga keamanan, khususnya daerah sepi dan rawan terjadi kejahatan.

“Saya pikir kita warga Merauke, masih ingat dengan kejadian-kejadian, seperti di Jalan Kudamati. Di sana juga mungkin, perlu ada poskamling. Kemudian di daerah Jalan Kelapa Lima maupaun daerah lainnya,” tutur pria yang hampir setiap hari melalui jalur tersebut. Kalau hanya mengandalkan petugas, menurutnya, pasti ada keterbatasan. Maka, salah satu upaya pencegahan dini adalah dengan mendirikan poskamling. “Saya pikir, poskamling ini sangat memiliki peran,”pungkasnya.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *