14 Juni 2024

SKIPM Merauke Lepas 1000 Ikan Oliv di Semangga

0

Pelepasliaran Ikan Oliv di Kampung Marga Mulya Distrik Semangga. Foto: PSP/ERS

Merauke,PSP – Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu (SKIPM) Kabupaten Merauke melepasliarkan ribuan ikan endemik Merauke berjenis Oliv di Bendali Sudirman Distrik Semangga, Rabu (1/7).

Pelepasliaran (Restocking) ikan ini merupakan inisiatif SKIPM dalam rangka kegiatan Bulan Mutu Karantina Ikan Tahun 2020 melalui Bakti Lingkungan.

Kepala SKIPM Merauke Nikmatul Rocmach mengatakan, ada 1000 ekor ikan Oliv berukuran 5 sampai 10 sentimeter yang dilepas liarkan. Yang mana pihaknya turut melibatkan Dinas Perikanan Kabupaten Merauke, Pemerintahan Kampung Marga Mulya, Satwas SDKP Merauke, dan LPSPL Sorong Satker Merauke.

“Ada 1000 ekor, ini bertujuan untuk melestarikan salah satu ikan endemik Merauke yaitu ikan Oliv agar tetap terjaga kelestarianya,” jelas Nikmatul.

Nikmatul katakan, Ikan Oliv termasuk dalam golongan ikan hias diwilayah perairan tawar Kabupaten Merauke, yang harus tetap dijaga populasinya.

“Kami memperoleh ikan ini dari membeli langsung ke masyarakat,” ujarnya.

Hal itu, sambungnya, sekaligus membantu masyarakat mengingat situasi pendemi Covid-19 saat ini.

“Sejak pandemi Covid-19 masyarakat kesulitan dan tidak bisa menjualnya lagi keluar daerah Kabupaten Merauke. Melalui kegiatan ini, diharapkan turut meringankan beban masyarakat saat ini sekaligus merupakan upaya kepedulian terhadap kelestarian ikan oliv yang saat ini jarang ditemukan di perairan asalnya,” terang dia.

Dilanjutkan, berkaitan dengan pemilihan lokasi pelepasliaran didasarkan pada keberadaan alamiahnya di semua tipe perairan air tawar di Kabupaten Merauke, baik tergenang maupun mengalir.

“Kondisi kelimpahan air yang stabil di musim kemarau serta relatif minimnya ikan introduktif invasif seperti ikan Gabus, dibandingkan di perairan umum juga menjadi pertimbangan yang menentukan,” katanya. Untuk diketahui, lokasi pelepasliaran berada di Bendali Soedirman yaitu sebuah waduk buatan pada koordinat 8°23’49.8” S, 140°28’47,2” E, berjarak 500 meter dari Kantor Kampung Marga Mulya. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *