21 Februari 2024

Pemda Tegaskan Masyarakat Merauke Wajib Lakukan Pemakaman Di TPU Tanah Miring

0

TPU Kabupaten Merauke

Merauke, PSP – Pemerintah Daerah menegaskan bahwa seluruh mayarakat yang berada di Distrik Merauke wajib melakukan aktifitas pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Miring.  Penegasan ini tertuang didalam Perda Kebupaten Merauke No 3 tahun 2016 dan Perbub No 12 Tahun 2016, serta berdasarkan keputusan Bupati Merauke No 800/134/2019, tentang penutupan TPU Merauke dan pembukaan TPU Tanah Miring.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Perumahan dan Pertanahan Kabupaten Meruake, Drs. Marthen Ganna mengatakan berdasarkan dua peraturan tersebut, maka saat ini tidak lagi dibenarkan masyarakat melakukan pemakaman di TPU Merauke atau bahkan di pekarangan rumahnya.

“Sesuai dengan peraturan daerah no 3 tahun 2015, tentang pengelolaan pemakaman. Juga didukung oleh peraturan bupati no 12 tahun 2016 tentang cara pengelolaan pemakaman. Kemudian, ada keputusan bupati untuk menutup pemakaman yang ada di kota Merauke untuk dipusatkan di tanah Miring. Oleh karena itu disampaikan oleh warga yang ada di kota Merauke untuk punya kesadaran agar tidak lagi melakukan pemakaman, baik yang ada diarea kota Merauke atau di pekarangan rumah masyarakat,” kata Marthen di ruang kerjanya, Kamis (2/6/2020).

Menurut Marthen, perda ini harus betul-betul dikawal oleh Satpol PP sebagai penegak perda. Apabila kemudian masih ada masyarakat yang menentang perda ini, maka nantinya akan berhadapan dengan Satpol PP.

“Penegakan perda ini harus dikawal oleh Satpol PP, sehingga kami dari perumahan dan pemakaman tidak lagi mengurusi. Agar nantinya tidak ada lagi masyarakat yang ngotot untuk harus memakamkan di pekarangan rumah. Kalaupun nanti didapati masih ada, maka akan berhadapan dengan Satpol PP,” tegasnya.

Marthen menambahkan, bagi masyarakat yang akan memakamkan keluarganya, Dinas Perumahan telah menyiapkan beberapa fasilitas, diantaranya petugas yang akan membantu adminstrasi sampai masalah ambulance. Menurutnya, pengurusan pemakaman di TPU Tanah Miring biayanya lebih murah dibanding pemakaman lainnya. “Kami sudah menyiapkan karyawan di TPU yang siap membantu, keluarga tinggal menghubungi nanti petugas yang akan mengurus. Kemudain, bagi masyarakat yang tidak mampu, masayarakat tinggal mengurus surat keterangan tidak mampu dari kelurahan untuk dibawa ke kami, maka kemudian akan digratiskan. Kami juga punya kendaraan ambulance yang bisa digunakan bagi masyarata yang tidak mampu dengan hanya membayar sekitar 1,5 juta. Saya rasa jumlah segitu tidak terlalu berat, karena kalau dibandingkan dipemakaman tempat lain, minimal dikeluarkan 3 jutaan,” terangnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *