14 Juni 2024

Komunitas Ibu Rumah Tangga Spadem Adakan Pelatihan Pembuatan Noken

0

Pelatihan pembuatan Noken, (27/6).Foto: PSP/CR22

Merauke, PSP – Guna menambah keterampilan, Komunitas ibu rumah tangga spadem, mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan noken. Kegiatan ini digagas oleh ketua pelaksana, Minuk Riyana, S.Pd., M. S, Anggota pelaksana 1, Carolus Wasa, S. Pd., M. Or  dan bersama anggota pelaksana  2 Dilli Dwi Kuswoyo, S. Pd., M. Pd.

Minuk Riyana mengatakan,kegiatan ini diadakan unutk menambah keterampilan khusus dalam pembuatan noken bagi ibu-ibu rumah tangga yang ada di daerah Spadem.

“kegiatan ini baru pertama kali kami adakan, untuk saat ini kami masih tahap awal pengenalan dan pelatihan bagi ibu-ibu ini bagaimana cara pembuatan noken,”Kata Minuk saat ditemui disela kegiatan, sabtu, (27/6).

Minuk menambahkan, sejauh ini antusias peserta sangat bersemangat dalam memahami materi pelatihan pembuatan noken dalam kegiatan tersebut.

“Melihat dari minat-minat ibu-ibu ini, sangat antusias sekali. Pertama-pertama itu ibu-ibunya itu masih baru pengenanlan, tapi pertemuan berikutnya setelah ibu-ibu ini dapat membuat  sendiri nokennya, saya lihat sudah mulai terampil,”ujarnya.

Ia juga mengatakan, jika nantinya peserta kegiatan sudah mahir dalam membuat noken, tidak menutup kemungkinan hasil produk jadi nantinya akan dipasarkan.

“Nantinya jika ibu-ibu ini sudah mahir membuat noken, tentunya nanti kita akan mulai pasarkan seperti dari online, apa lagi kan ini mau menyambut PON juga kan, harapannya kita bisa pasarkan sebagai oleh-oleh,”ucapnya.

Sementara itu, pemateri kegiatan tersebut, Lenny Sisilia mengatakan, sangat senang jika masih ada masyarakat yang peduli terhadap pembuatan noken.

“Dasarnya saya suka orang bisa merajut, jadi saya merasa kalau ada yang ingin belajar membuat noken saya sangat senang sekali,”Kata Lenny.

Untuk itu, Lenny mengajak masyarakat khususnya masyarakat merauke untuk belajar dan melestarikan kerajinan noken. “Saya itu siap saja kalau ada orang yang ingin belajar merajut, karena saya senang kalau orang bisa merajut,”Pungkasnya.[CR22-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *